Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Seandainya Ada Bioskop di Dalam Bandara...

Kompas.com - 05/07/2013, 10:06 WIB
Fitri Prawitasari

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Bandara-bandara internasional tengah giat meningkatkan standar layanan mereka dengan fasilitas terbaru untuk memenuhi kebutuhan pelancong internasional. Situs pencarian perjalanan, Skyscanner, melakukan jajak pendapat kepada 10.000 pelancong untuk mengungkapkan fasiltas yang paling diinginkan di sebuah bandara.

Dari hasil survei terlihat gedung bioskop adalah fasilitas nomor satu paling diinginkan berada di sebuah bandara dengan persentase sebanyak 49 persen. Yang kedua adalah fasilitas untuk tidur (sleep pod). Adapun fasilitas untuk tidur tersebut telah diperkenalkan di bandara internasional Abu Dhabi sejak bulan lalu dengan membayar tak lebih dari Rp 150.000.

"Berdasarkan survei terbaru kami, fasilitas hiburan di bandara merupakan fitur yang paling banyak diimpikan oleh kebanyakan pelancong asing. Seperti kita ketahui, transit yang lama di bandara dan penerbangan yang tertunda bisa sangat melelahkan, terutama ketika Anda terdampar di sebuah bandara dengan sedikit atau tak ada aktivitas yang bisa dilakukan," ujar Manajer Pengembangan Pasar Skyscanner untuk Indonesia Tika Larasati dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Rabu (3/7/2013).

Bagaimana dengan badara di Indonesia? Indonesia saat ini sedang merencanakan peremajaan sejumlah bandara dengan penambahan fasilitas-fasilitas baru guna melayani pertumbuhan pengguna jasa perjalanan. Monorel bandara, tempat untuk istirahat, dan lingkungan yang lebih hijau adalah beberapa fitur yang sedang disiapkan dalam beberapa tahun ke depan.

Sementara itu, Terminal 3 di Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Cengkareng, juga dikenal sebagai terminal hijau. Saat ini terminal tersebut tengah mengembangkan fasilitas yang dekat dengan alam termasuk taman luar ruangan. Sesuai dengan hasil survei, taman di luar ruang termasuk fasilitas yang paling didambakan keempat oleh pelancong.

"Wisatawan saat ini mengharapkan lebih dari hanya koneksi WiFi gratis atau toko bebas bea yang bagus, dan adalah wajib bagi bandara internasional untuk selalu meningkatkan fasilitas mereka guna memenuhi permintaan itu," kata Tika.

Hasil survei juga memperlihatkan berbagai fasilitas lain yang dinginkan pelancong, seperti karaoke yang dipilih lima persen pelancong yang ingin merasakan "ketenaran sesaat" di bandara. Sementara fasilitas kebugaran termasuk yang populer dengan 15 persen responden memilihnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com