Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penumpang Mandala Tujuan Yogyakarta Didominasi Pelancong

Kompas.com - 06/07/2013, 19:46 WIB
Fitri Prawitasari

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Seperti diketahui, cukup banyak maskapai penerbangan dengan rute Jakarta-Yogyakarta, termasuk salah satunya Mandala Airlines yang kini bertransformasi menjadi Tigerair Mandala. Hal tersebut, menurut Presiden Direktur Tigerair Mandala, Paul Rombeek, merupakan suatu tantangan bagi maskapainya untuk menjaring penumpang tujuan tersebut.

"Jakarta-Yogyakarta adalah pasar domestik yang padat. Kami menerbangi rute Jakarta-Yogyakarta satu kali sehari. Kami sadar kompetisi dengan maskapai lain yang juga memiliki rute tersebut cukup tinggi," kata Paul Rombeek, Jumat (5/7/2013).

Maka dari itu, menurut Paul, salah satu strategi yang digunakan pihaknya untuk menjaring konsumen adalah dengan menekan biaya perjalanan. "Karena kompetisinya lebih banyak, (maka) harga yang kami berikan lebih rendah. Jadi alasan mengapa orang harus memilih menggunakan Mandala, selain harganya yang rendah tetapi juga karena pelayanan yang kru kami berikan, yang nyaman dan hangat," katanya.

Paul memaparkan, rute Jakarta-Yogyakarta adalah rute yang sangat cocok untuk berlibur. Penumpang dengan tujuan tersebut, juga kebanyakan merupakan pelancong yang ingin menikmati keramahan budaya Yogyakarta.

"Penumpang kami dengan tujuan Yogyakarta kebanyakan untuk tujuan leisure, kebanyakan adalah orang Jakarta yang ingin berlibur ke sana," tambah Paul Rombeek.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com