Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tips Memotret Festival Erau

Kompas.com - 06/07/2013, 20:38 WIB
KOMPAS.com - Festival Erau adalah salah satu agenda budaya yang termegah dan melibatkan banyak masyarakat Tenggarong dan sekitarnya. Pasalnya Festival Erau mempunyai rangkaian acara budaya yang cukup panjang dan digelar pada tanggal 30 Juni hingga 7 Juli 2013 di Kota Raja Tenggarong, Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur. Berikut tips memotret Festival Erau.

1. Gunakan lensa tele dan wide untuk memotret Festival Kutai. Range lensa tele 17–55 mm tele range 400 mm.

2. Saat memotret festival di dalam istana Kutai, berpakaianlah yang sopan. Kenakan kemeja dan celana panjang. Siapa saja diperbolehkan meliput festival asal berpakaian sopan karena acara ini diikuti banyak pejabat dan diselenggarakan di dalam istana yang formal.

3. Perayaan Festival Kutai sangat panjang. Acaranya bisa berlangsung seminggu lebih. Karena itu carilah informasi tentang jadwal kegiatan festival ini di website resmi pemerintah daerah Kutai. Carilah event apa saja yang memiliki banyak acara budaya.

4. Pada hari yang tidak banyak acara budaya, kita bisa berkeliling menikmati obyek-obyek wisata lain di Kutai. Acara yang paling akbar biasanya saat pembukaan dan penutupan festival. Jika cukup waktu, ambilah kedua acara ini. Saat itu, ada banyak obyek human interest.

5. Acara yang unik dari Festival Erau adalah saat penutupan. Saat itu ada yang disebut acara belimbur, yaitu setiap warga Kutai menyiramkan air kepada siapa saja, tidak pandang bulu. Saat itu kita sangat tidak disarankan untuk memotret.

6. Namun, jika tetap ingin memotret, jangan membawa peralatan mahal dan bawalah plastik untuk melindungi kamera dari siraman air. Dan, jika tersiram air, aturannya kita tidak boleh marah. Jadi berhati-hatilah jika meliput acara belimbur ini. (Barry Kusuma)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com