Festival Wayang Internasional Diikuti 8 Negara

Kompas.com - 08/07/2013, 16:00 WIB
Pergelaran wayang kulit. DOK ROYAL AMBARRUKMO YOGYAKARTAPergelaran wayang kulit.
EditorI Made Asdhiana
GIANYAR, KOMPAS.com - Festival Wayang Internasional di Kabupaten Gianyar, Bali, pada 22-27 September 2013 diikuti delapan negara. "Beberapa seniman wayang turut memeriahkan acara kami," kata I Gede Joni Suhartawan selaku Ketua Panitia Festival Wayang Internasional usai bertemu Bupati Gianyar, Senin (8/7/2013).

Ia menyebutkan beberapa dalang internasional yang tampil pada festival itu adalah Jepang dengan wayang Bunkaru, Iran (wayang Kheimed Shad), Malaysia (wayang Trengganu Cendayu), dan Filipina (wayang Usbon Baclajon).

Selain itu ada juga dari China, India, dan Thailand, sedangkan dalang dari Amerika Serikat Jennifer Woodcander akan membawakan wayang kulit khas Bali.

Tak ketinggalan wayang tradisional lainnya, seperti Wayang Golek (Sunda), Wayang Beber (Wonosari), Wayang Potehi (Semarang), Wayang Kancil (Jawa Tengah), Wayang Kampung Sebelah (Ki Jeliteng), dan Wayang Sasak (Lombok).

"Festival ini menjadi ajang temu budaya, pendidikan, dan hiburan," kata Agustinus Prayitno selaku pemilik Rumah Topeng di Banjar Tengkulak Tengah, Desa Kemenuh, Kecamatan Sukawati, Kabupaten Gianyar, sekaligus salah satu penggagas Festival Wayang Internasional.

Setiap seniman wayang diberikan kesempatan tampil 30 sampai 60 menit di ajang tersebut. Acara yang digelar di Rumah Topeng itu juga akan diisi seminar budaya dengan menghadirkan pembicara Sujiwo Tedjo, Prof I Nyoman Sedana, dan Wayan Nardaya (wayang Cenk Blonk).

Bupati Gianyar Anak Agung Gde Agung Bharata berharap festival tersebut mampu menambah daya tarik Gianyar sebagai obyek wisata berwawasan seni budaya sebagaimana selama ini dikenal oleh wisatawan mancanegara. "Menjadi tanggung jawab yang besar bagi semua pihak untuk turut bersama-sama melestarikan budaya bangsa ini," kata Bharata.



Sumber Antara

25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X