Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

ASEAN Promosikan Enam Tema Perjalanan Wisata

Kompas.com - 11/07/2013, 16:23 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com - ASEAN mempromosikan enam tema perjalanan wisata yang penuh pengalaman dan kreatif untuk mendorong kunjungan lintas negara di Asia Tenggara yang merupakan bagian dari implementasi Strategi Pemasaran Pariwisata ASEAN 2012-2015.

Dalam keterangan tertulis di Jakarta, Kamis (11/7/2013), enam tema perjalanan wisata ASEAN tersebut adalah Selera Asia Tenggara, ASEAN Surga Tropis, Kota-kota Kelas Dunia, Pengalaman Tradisi yang Beragam, Olahraga dan Relaksasi, serta Kreativitas Kontemporer yang Beragam.

"Fokus baru kami adalah pada pariwisata yang pengalaman dan kreatif serta peduli pada lingkungan dan budaya," kata Direktur Jenderal Kementerian Pariwisata dan Hotel Myanmar, Aung Zaw Win, yang juga merupakan Ketua Kelompok Kerja Pengembangan Produk Pariwisata ASEAN.

Dia mengatakan pengalaman perjalanan yang otentik melibatkan warisan (budaya), seni, dan karakter spesial dari tujuan (wisata) ASEAN.

Daftar awal 20 operator perjalanan menawarkan tema kunjungan ke multinegara di ASEAN dengan tampilan baru di situs www.aseantourism.travel yang merupakan situs resmi Pariwisata ASEAN. Perjalanan yang lebih banyak selalu ditambahkan, dan situs tambahan sedang berlangsung.

Win mendesak operator perjalanan di negara-negara ASEAN untuk mengembangkan paket kunjungan ke multinegara mengenai pariwisata yang berpengalaman dan kreatif. Dia menunjukkan kecenderungan meningkatnya permintaan konsumen pada perjalanan otentik.

Dok. Kompas TV Raja Ampat
"Wisatawan hari ini lebih canggih dan tertarik pada pengalaman yang unik dengan pendalaman pada cara hidup orang lokal. Peran kami adalah mendukung perjalanan yang berpengalaman multinegara di antara anggota ASEAN," ujarnya.

Untuk menginspirasi para wisatawan, ASEAN telah menyusun serangkaian fitur tema seperti pantai, alam dan kehidupan liar, wisata layar dan kereta api, kebudayaan dan cagar budaya, pendidikan dan kesukarelaan, makanan dan kehidupan malam, kesenangan dan rekreasi. Selain itu ada kesehatan dan spa, olahraga luar ruangan dan air, serta wisata ziarah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Antara
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com