Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Eksotisme Matahari Terbenam di Luang Prabang

Kompas.com - 12/07/2013, 09:41 WIB
Fira Abdurachman

Penulis

LUANG PRABANG, KOMPAS.com - Tidak sulit menemukan Chamsy Hill atau Phu Si Hill. Letaknya pas di seberang Royal Palace Museum Luang Prabang dan di tengah–tengah night market atau pasar malam. Tiket masuk Chomsy Hill adalah 20.000 Kip atau 2 dollar AS. Keindahan matahari terbenam atau sunset dimulai sekitar pukul 16.30 sampai 18.30 waktu setempat. Waktu terbaik untuk mulai jalan kaki naik ke atas bukit adalah sekitar pukul 15.00 waktu setempat.

Sampai di atas, kita bisa menikmati pemandangan kota Luang Prabang. Terlihat Sungai Mekong atau Mekong River di satu sisinya dengan dikelilingi keanggunan perkampungan khas Asia. Di satu sisinya tampak pemandangan alam dengan berbagai kuil dari kejauhan.

KOMPAS.COM/FIRA ABDURACHMAN Jalan kaki menuju Chamsy Hill di Luang Prabang, Laos.

Tepat di atas bukit terdapat Kuil That Chomsi, tempat umat Buddha berdoa. Tempatnya terbuka dan turis bisa masuk kedalam kuil kecil tersebut asal saja melepas alas kaki saat masuk. Semakin sore, kuil akan semakin ramai dikunjungi umat Buddha yang berdoa terutama masyakarat lokal.

Tempat terbaik saat menikmati matahari terbenam terletak di pojokan setelah melewati kuil kecil. Ada gundukan tempat duduk bagi para pengunjung. Enaknya Chomsy Hill adalah tidak ada penjual makanan/minuman dan suvenir jadi para turis juga tidak merasa terganggu. Pengunjung tidak dilarang makan atau minum hanya harus membawa sendiri sebelum masuk ke bukit dan tidak membuang sampah sembarang hingga mengotori kuil dan bukit.

Puas menikmati matahari terbenam, kita bisa langsung jalan–jalan di pasar malam yang letaknya pas depan pintu masuk Chomsy Hill. Beragam suvenir ditawarkan termasuk kaus dan celana santai. Kalau mau beli, jangan lupa tawar harganya.

KOMPAS.COM/FIRA ABDURACHMAN Menikmati sunset di Chamsy Hill, Luang Prabang, Laos.

Sehabis puas belanja, silahkan mampir ke gang yang ada di pojokan pasar malam Luang Prabang yang menawarkan berbagai macam makanan khas lokal dengan gaya prasmanan. Harganya sangat bersahabat, 10.000 Kip atau sekitar 1,5 dollar AS dengan gaya all you can eat. Jangan lewatkan juga salad mangga yang langsung diracik ditempat, seharga 10.000 Kip. Bisa pedas, sedang, atau tidak pedas sesuai selera kita.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com