Menu-menu yang Jenaka

Kompas.com - 12/07/2013, 18:53 WIB
Semur tahu dan telor KOMPAS/WISNU WIDIANTOROSemur tahu dan telor
EditorI Made Asdhiana
SEJUMLAH nama menu makanan Betawi terdengar jenaka. Contohnya sayur babanci, yakni sayur bersantan yang berisi daging dengan parutan kelapa muda. Sayur yang sudah sangat langka itu disebut babanci karena bentuknya serba tanggung: sayur bukan, soto bukan, gulai juga bukan.

”Makanya disebut sayur babanci alias banci,” kata JJ Rizal dari Komunitas Bambu.

Di kawasan Ciputat dan Pamulang yang masuk wilayah Tangerang Selatan, ada kue yang disebut bebacot. Bebacot sebenarnya kumpulan kue yang terdiri dari dodol, uli, geplak, dan sebagainya.

Mpok May (43) di Ciputat mengatakan, orang Betawi di daerah itu menggunakan kue bebacot dalam rangkaian upacara perkawinan. ”Kue itu diserahin keluarga pengantin perempuan sebagai balasan atas barang seserahan yang dibawa keluarga pengantin laki-laki,” kata Mpok May.

Bagaimana kalau keluarga pengantin tidak memberikan kue bebacot? ”Lha, bisa diomongin banyak orang. Makanya kuenya disebut bebacot. Kalau sampe enggak ada, bacot (mulut) semua orang pada bunyi,” kata Mpok May.

Ada lagi kue bernama satu. Kue ini biasanya dibuat dari tepung kacang ijo. Kue yang rasanya manis dan teksturnya gampang ambruk di mulut ini sering hadir di acara hajatan orang Betawi. Di sebuah acara perkawinan adat Betawi, seorang tamu berkoar-koar paling senang makan kue satu. ”Meski makannya banyak, kite ngakunya makan kue (cuma) satu.” (BSW)

Baca tentang


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X