Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pesona Pantai Pandawa di Bali

Kompas.com - 16/07/2013, 14:21 WIB
KOMPAS.com - Bosan dengan pantai-pantai yang sudah sering Anda kunjungi? Sekali waktu cobalah datangi pantai di Bali ini yang cukup membuat heboh karena pesonanya. Pantai Pandawa namanya. Terletak di Kuta selatan, Kabupaten Badung. Pantai ini dapat ditempuh sekitar satu jam perjalanan dari Bandara Ngurah Rai.

Akses yang cukup cepat dapat melalui jalur Jimbaran atau  Universitas Udayana lebih tepatnya. Pilih jalur dekat Fakultas Teknik Udayana yang juga akan melewati daerah Bukit. Sebaiknya Anda menggunakan sepeda motor atau mobil ke pantai ini. Transportasi umum di Bali susah.

Pantai Pandawa awalnya belum terpublikasi dengan baik. Alasannya karena akses menuju pantai ini dulunya rusak dan sulit ditempuh kendaraan. Apalagi letaknya tersembunyi di balik perbukitan, sehingga orang sama sekali sulit menemukan pantai ini. Wajarlah kalau pantai ini disebut juga sebagai Secret Beach.

Namun sekarang ini akses menuju Pandawa tidak begitu sulit lagi. Pandawa merupakan salah satu destinasi terbaik saat ini di Bali. Warna lautnya yang nyaris sempurna serta pasir pantainya yang halus membuat para pengunjung betah berlama-lama di pantai ini.

RICO SINAGA Pantai Pandawa di Bali.
Hal yang membuat pantai ini juga luar biasa adalah pengunjung yang akan memasuki pantai ini akan disambut dengan dua tebing yang sangat besar yang membelah jalan menuju ke pantai. Banyak juga ukiran dan patung yang sengaja ditempatkan di dinding-dinding tebing.

Jika sering menonton berita tetang Pulau Malibu di AS, Pandawa bisa dikatakan memiliki persamaan. Kemudian untuk tiket masuk Pantai Pandawa cukup membayar Rp 2.000 per orang dan untuk turis asing dikenakan Rp 5.000.

Jika ingin bersantai dan sekadar berjemur di pantai, saya sarankan Anda menuju jalur sebelah kiri dari jalan masuk pantai, karena ada dua lokasi pantai di Pandawa. Sebelah kanan juga tidak kalah cantik, di sana Anda bisa melakukan olahraga air seperti kano.

Kano atau sampan kecil bisa dipakai untuk menjelajahi pesisir pantai. Harga sewa untuk adalah Rp 15.000. Untuk baju pelampung cukup menyewa Rp 10.000.

Di sekitaran pantai sudah banyak warga yang menawarkan paket-paket olahraga air. Jadi anda tinggal memilih saja. Untuk pemula, saya sarankan menggunakan baju pelampung karena ombak di sini sangat kencang.

RICO SINAGA Pantai Pandawa di Kabupaten Badung, Bali.
Untuk makanan di Pantai Pandawa tidak begitu mahal seperti di pantai lainnya. Jadi tidak perlu cemas akan harga makanan di pantai ini. Jika sore hari, Anda bisa melihat nelayan-nelayan setempat mengumpulkan rumput laut yang dibawa ombak ke pantai yang kemudian mereka jadikan makanan dan sebagainya.

Jika Anda ingin membeli hasil kerajinan tangan dari masayarakat sekitar juga tersedia di beberapa tempat di sekitaran pantai. Mereka biasa merajut kerajinan buatan tangan di pondok dekat pantai sisi kanan. (Rico Sinaga)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com