Kompas.com - 18/07/2013, 14:29 WIB
|
EditorI Made Asdhiana
JAKARTA, KOMPAS.com — Turis Indonesia yang berkunjung ke Hongkong sebagian besar bertujuan untuk belanja. Menurut Regional Director of Southeast Asia Hong Kong Tourism Board Simon Wong, turis Indonesia berada di peringkat kedua setelah turis Singapura dengan jumlah pengeluaran terbesar saat berwisata di Hongkong.

"Jumlah pengeluaran turis Indonesia meningkat 60 persen di tahun 2012 jika dibanding tahun sebelumnya," ungkap Simon di Jakarta, Rabu (17/7/2013).

Ia mengaku, sebagian besar uang yang dikeluarkan itu untuk berbelanja dan makan. Wisatawan Indonesia, yang memang kebanyakan adalah keluarga, juga senang mengunjungi taman wisata yang ada di Hongkong, seperti Hongkong Disneyland dan Ocean Park.

Secara jumlah, ungkap Director Projects Hong Kong Tourism Board Angela Liew, wisatawan Indonesia yang berkunjung ke Hongkong sekitar 512.000 orang di tahun 2012.

"Sebagian besar memang untuk belanja. Wisata kuliner juga disukai orang Indonesia. Kami punya daftar restoran-restoran bersertifikasi halal," kata Angela.

Angela mengaku secara jumlah, turis terbanyak yang datang ke Hongkong berasal dari Filipina. Secara jarak, Manila ke Hongkong dapat ditempuh hanya dalam satu jam dengan pesawat terbang.

"Dari Filipina, frekuensi penerbangan itu 10 kali dalam sehari. Itu tidak hanya dari Manila. Sedangkan dari Jakarta, waktu tempuh empat jam. Ada lima kali penerbangan dalam sehari dari Jakarta ke Hongkong," kata Angela.

Sayangnya, lanjut Angela, penerbangan langsung menuju Hongkong baru dari Jakarta dan tidak ada dari kota-kota besar lainnya di Indonesia. Sementara itu, Simon berharap, adanya maskapai budget rendah yang membuka rute penerbangan Jakarta-Hongkong dapat meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan Indonesia ke Hongkong.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.