Segarnya Olahan Salmon

Kompas.com - 23/07/2013, 07:18 WIB
Memasak salmon. KOMPAS/IRMA TAMBUNANMemasak salmon.
EditorI Made Asdhiana
MAKANAN olahan berbahan ikan salmon memiliki rasa unik. Kandungan gizi ikan asal Kutub Utara ini juga berlimpah. Inilah kekuatan ikan salmon.

Ikan salmon umumnya menjadi bahan utama menu sushi dan sashimi ala restoran Jepang. Untuk sashimi, irisan daging salmon atau disebut sake tersaji mentah, terasa nikmat ditambah saus bening dan wasabi.

Sebagian orang juga menyukai menu sushi yang memadukan salmon mentah dengan sekepal nasi berbungkus nori (rumput laut), atau ditambah bahan makanan lain untuk menggugah selera.

Daging salmon agak kenyal dan sedikit berlemak, serta agak manis. Ia bisa dipadu dengan keragaman bumbu. Itu sebabnya salmon yang diambil dari perairan dingin tersebut telah diolah menjadi 12 juta jenis makanan di seluruh dunia.

Selain sushi dan sashimi, apakah Anda sudah mencoba olahan salmon dengan bumbu-bumbu khas Nusantara? Cobalah mengolah salmon asam pedas dan semur ikan salmon. Atau cobalah salmon masak merah, salmon goreng sambal terasi, gulai salmon, serta perkedel salmon.

Masakan Nusantara berbahan salmon tidak hanya itu. Masih ada lumpia salmon asap saus ikan, nasi goreng pedas salmon, dadar telur salmon asap, serta salmon goreng berbumbu kari, cabe, dan kecap asin. Begitu kaya jenis masakan dari sepotong salmon.

Asam pedas

Chef Jimmy Chok melalui Norwegian Seafood Council South East Asia Office memberikan resep salmon asam pedas dengan memanfaatkan bumbu bawang merah, bawang putih, jahe, cabai halus, asam jawa, gula pasir, garam, dan sedikit daun laksa.

Cara memasaknya, bawang dan jahe dihaluskan. Setelah itu, cabai yang telah halus ditumis selama 4 menit, lalu dicampur dengan bumbu halus dan air asam jawa, dimasak hingga kuah mengental. Kemudian, masukkan ikan dan teruskan memasak dengan api kecil sambil ditambahkan gula pasir, garam, dan taburan daun laksa. Rasanya gurih dan nikmat.

Di Restoran Shiosai, Hotel Mercure, Ancol, kita akan mendapati beragam menu salmon, mulai dari yang diolah mentah, digoreng, dibakar, dipanggang, hingga dalam menu sup dan salad. Salmon atau sake menjadi masakan istimewa ala Chef Hary Wahyudiono yang telah berkarya selama 37 tahun di dalam dapur masakan Jepang.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X