Kompas.com - 24/07/2013, 11:50 WIB
EditorI Made Asdhiana
KOMPAS.com - Sebagai kota yang terletak di tepi laut, tak heran bila di sekitar kota Merauke, Papua, memiliki pantai. Selain Pantai Lampu Satu yang sudah lebih dikenal, di sekitar Merauke juga terdapat pantai lain yang tak kalah cantik.

Pantai Payum bisa jadi pilihan menarik baik wisatawan di Kota Merauke. Terletak di kawasan Payum, pantai tak jauh dari Kampus Musamus ini juga memiliki daya tarik yang bisa dinikmati oleh wisatawan.

Secara umum, suasana Pantai Payum memang tak jauh berbeda dengan Pantai Lampu Satu. Hanya saja, selain memiliki pasir pantai yang berwarna kecokelatan dan pantai yang luas, pantai ini memiliki suasana yang lebih natural, hening.

Kala berada di pantai ini, kita bisa menyaksikan samudera luas yang menghilang di balik cakrawala. Pada sore hari, menjelang matahari terbenam, suasananya bakal terasa lebih dramatis.

BARRY KUSUMA Pantai Payum di Merauke, Papua.
Untuk mengunjungi pantai ini pun terasa nyaman karena lokasinya yang dekat dari pusat kota Merauke. Bila sarana transportasi umum jadi pilihan, maka wisatawan dapat menggunakan jasa angkutan kota berwana hijau dengan waktu perjalanan yang singkat.

Sejauh ini Pantai Payum memang belum menjadi sebuah destinasi wisata dan bisa dikatakan masih perlu sentuhan. Hal itu nampak dari belum tersedianya fasilitas untuk wisatawan. Namun demikian, dengan bermodal potensi yang dimilikinya serta penataan yang lebih baik, pantai ini dapat menjadi pilihan utama para wisatawan.

Bagi pelancong asal Jakarta yang ingin bertandang ke Pantai Payum, perjalanan dapat dilakukan menggunakan layanan penerbangan Merpati Nusantara Airlines, yang melayani penerbangan ke Merauke, Papua sebanyak 3 kali seminggu. (ADI SUPRIYATNA)

BARRY KUSUMA Pesawat Boeing 737 Merpati di Merauke, Papua.

BARRY KUSUMA Pantai Payum di Merauke, Papua.
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.