Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tigerair Mandala Terbang Perdana ke Hongkong

Kompas.com - 24/07/2013, 22:31 WIB
Sandro Gatra

Penulis

TANGERANG, KOMPAS.com- Maskapai Tigerair Mandala resmi memperluas jaringannya ke Asia Timur. Rabu (24/7/2013) pukul 20.10 WIB, Tigerair Mandala melakukan penerbangan perdana ke Hongkong dari Jakarta dengan pesawat Airbus A 320.

Rencananya, dalam sepekan, Tigerair Mandala melakukan empat penerbangan dari Jakarta Ke Hongkong dan tiga penerbangan Hongkong ke Jakarta.

"Kami selalu senang setiap kali kami membuka rute baru. Tapi kali ini agak berbeda. Rute Jakarta-Hongkong merupakan rute terjauh kami saat ini. Selain itu, kami juga merupakan low cost carrier (LCC) pertama yang melayani penerbangan langsung dari Jakarta-Hongkong," kata Presiden Direktur Tigerair Mandala Paul Rombeek di Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Rabu.

Kenapa Hongkong? Paul menjelaskan, pihaknya percaya berwisata tidak hanya sekadar pergi dari satu tempat ke tempat lain, namun juga mewujudkan impian dan membuat pengalaman tidak terlupakan. Sebagai Asia World City, Hongkong dikenal dengan pesona metropolitan, lingkungan multikultur dan warisan budaya yang kuat.

Hongkong juga dikenal sebagai surga belaja di Asia. Para wisatawan berburu fashion label internasional maupun lokal, logam berharga, karya seni, hingga perangkat elektronik. Lokasi belanja juga bervariasi, mulai dari pusat belanja mewah di sekitar Times Square hingga toko pinggir jalan di daerah Ladies Market.

"Wisatawan kuliner juga tidak akan kecewa dengan Hongkong. Bisa dikatakan bahwa kota Hongkong merupakan jajaran kios makanan dan restoran yang menawarkan berbagai macam makanan Asia, Timur Tengah, Eropa, Amerika, atau masakan fusion lainnya," kata Paul.

Tak hanya itu. Para wisatawan juga bisa mengunjungi berbagai pusat atraksi di Hongkong seperti Victoria Peak, Hongkong Disneyland, Ocean Park, Avenue of Stars, Ngong Ping 360 , Big Bus Tour, sky 100 Hongkong Observation Deck, Tsim Tsa Tsui Promenade, Temple Street Night Market, dan lainnya.

KOMPAS IMAGES/VITALIS YOGI TRISNA ILUSTRASI - Airbus A320, pesawat baru milik maskapai Mandala Airlines saat berada di Terminal 3 Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Kamis (14/3/2013). Dengan adanya pesawat baru ini, Mandala Airlines berencana menambah rute-rute penerbangan, hingga kini maskapai ini melayani 38 penerbangan tiap harinya.

Menurut data dari Hongkong Tourism Board, jumlah wisatawan Indonesia yang mengunjungi Hongkong pada 2012 mencapai 521.000 orang atau naik 15 persen dibanding tahun 2011 . "Dengan peluncuran rute baru ini, kami berharap dapat meningkatkan angka itu," kata Paul.

Paul menambahkan, sebelum penerbangan perdana ini, pihaknya telah melakukan rangkaian promosi, mulai dari penawaran tarif khusus "Pergi Bayar, Pulang Dibayarin", pameran di mal, dan kuis untuk pelanggan.

Dengan penambahan rute Hongkong, Tigerair Mandala kini melayani empat rute internasional. Tiga rute lain, yakni Bangkok, Kuala Lumpur, dan Singapura. Adapun rute domestik, yakni Jakarta, Denpasar, Pekanbaru, Medan, Padang, Surabaya, dan Yogyakarta. Ada sembilan pesawat baru Airbus A 320 yang dipakai untuk melayani 46 penerbangan setiap hari.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com