Sleman Siapkan Sejumlah Obyek Wisata

Kompas.com - 25/07/2013, 15:54 WIB
Wisatawan mengendarai mobil jip saat mengikuti wisata lava tour di kaki Gunung Merapi, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Jumat (17/5/2013). Wisata mengunjungi daerah bekas aliran lava erupsi Merapi ini dipungut biaya Rp 300.000 - Rp 500.000 per trip. KOMPAS IMAGES/KRISTIANTO PURNOMO Wisatawan mengendarai mobil jip saat mengikuti wisata lava tour di kaki Gunung Merapi, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Jumat (17/5/2013). Wisata mengunjungi daerah bekas aliran lava erupsi Merapi ini dipungut biaya Rp 300.000 - Rp 500.000 per trip.
EditorI Made Asdhiana
SLEMAN, KOMPAS.com - Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta mulai melakukan upaya persiapan untuk menghadapi musim liburan 2013.

"Upaya-upaya persiapan pelayanan kepada wisatawan tersebut meliputi pembenahan lingkungan dan sarana prasarana obyek wisata," kata Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Sleman, Ayu Laksmidewi, Kamis (25/7/2013).

Menurut Ayu, persiapan tersebut khususnya di obyek wisata gardu pandang dan kawasan Tlogo Putri Kaliurang.

"Kegiatan yang kami lakukan di antaranya meningkatkan kebersihan, pengecatan beberapa fasilitas, penggantian lampu-lampu penerangan dan penebangan pohon-pohon yang berbahaya dan mengganti dengan pohon baru," katanya.

Selain itu, menurut Ayu, pihaknya juga melakukan pengkondisian sejumlah desa wisata dengan koordinasi bersama forum komunikasi desa wisata Sleman. "Kami juga melakukan pembinaan terhadap pedagang asongan di obyek wisata andalan serta pembinaan restoran, hotel maupun pondok wisata," katanya.

Ayu mengatakan, pihaknya juga melakukan pembagian petugas monitoring lapangan untuk berbagai obyek wisata seperti Menara Pandang, Tlogo Putri, vulcano tour Kaliadem dan Museum Gunungapi Merapi (MGM).

"Kami juga berkoordinasi pengamanan obyek wisata untuk memenuhi aspek keamanan wisatawan dan obyek wisata yang bekerja sama dengan pihak kepolisian, khususnya polisi pariwisata," katanya.

Untuk memberikan hiburan bagi wisatawan, khususnya di Kaliurang dijadwalkan pentas seni "Semarak Idul Fitri" di panggung kesenian Tlogo Putri.

"Hiburan ini akan berlangsung mulai 9 hingga 13 Agustus dengan menampilkan sejumlah kesenian tradisional seperti jathilan dan pentas orkes melayu," katanya.



Sumber Antara
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X