Kompas.com - 26/07/2013, 19:08 WIB
|
EditorI Made Asdhiana
JAKARTA, KOMPAS.com - Bandara baru di Sumatera Utara sekaligus pengganti Bandara Polonia Medan, yaitu Bandara Internasional Kualanamu, diharapkan dapat mempermudah akses menuju destinasi wisata Danau Toba.

Hal tersebut diungkapkan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Mari Elka Pangestu saat ditemui pada acara buka puasa bersama di Gedung Sapta Pesona, Jakara, Kamis (25/7/2013) malam.

Hanya saja, Mari menjelaskan bahwa akses jalan belum selesai. "Mudah-mudahan kalau jalan sudah selesai, akses ke Danau Toba bisa lebih mudah," tuturnya.

Selama dua tahun belakangan, tambah Mari, sudah ada pengembangan Danau Toba sebagai kawasan wisata dengan menggalang kerja sama antara 10 kabupaten dan kota. Namun, lanjut Mari, pengembangan infrastruktur kawasan Danau Toba yang masih kurang.

Sementara itu, menanggapi dibukanya Bandara Internasional Kualanamu, Mari mengaku belum melihat sendiri bandara tersebut. Namun, saat membahasnya dengan pihak Kementerian Perhubungan dan Angkasa Pura, bandara ini dipandang sebagai sebuah inovasi baru.

"Suasananya yang lebih nyaman, pelayanan lebih baik. Biasanya area check-in hanya boleh untuk penumpang. Kalau di Kualanamu, pendamping boleh masuk. Nanti tidak boleh masuknya saat di area boarding," tutur Mari.

Selain itu, tambahnya, pengecekan bagasi juga menggunakan sistem baru. Oleh karena itu, pihaknya berharap adanya konektivitas dan pelayanan yang menjadi jauh lebih baik.

"Kalau untuk konektivitas penerbangan langsung, sudah pasti menghubungkan Singapura, Malaysia, dan China," tambah Mari.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.