Liburan dan Mudik Lebaran, Merpati Tambah Penerbangan

Kompas.com - 27/07/2013, 20:12 WIB
Pesawat Boeing 737 Merpati di Merauke, Papua. BARRY KUSUMAPesawat Boeing 737 Merpati di Merauke, Papua.
EditorI Made Asdhiana
JAKARTA, KOMPAS.com - Maskapai penerbangan Merpati akan menambah 5.000 kursi dan penerbangan tambahan (extra flight) yang akan diberlakukan mulai H-7 Idul Fitri 1434 Hijriah hingga H+9.

Keputusan tersebut diambil selain untuk meningkatkan pelayanan kepada para penumpang setia  juga memenuhi permintaan jasa angkutan penerbangan komersial dari masyarakat yang akan melakukan perjalanan mudik untuk merayakan Lebaran bersama keluarga. Serta masyarakat yang akan kembali ke tempat tinggal setelah merayakan libur lebaran.

“Kami ingin memberikan pelayanan yang terbaik kepada para penumpang setia Merpati  dan masyarakat Indonesia yang akan merayakan Hari Raya dan Liburan Idul Fitri bersama keluarga di kampung halaman. Kami akan menambah kursi dan penerbangan tambahan," kata Vice President Corporate Secretary Merpati, Herry Saptanto dalam siaran pers, Jumat (26/7/2013).

Herry menjelaskan, penerbangan tambahan akan dilakukan pada hari-hari tertentu atau hari yang jumlah penumpangnya melebihi kapasitas kursi yang sudah disiapkan. Selain itu, juga untuk rute penerbangan yang selama ini jumlah penumpangnya sangat banyak sehingga diprediksi menjelang hari raya ini jumlah penumpang akan meningkat dibanding hari biasa.

“Dari data yang kami miliki, sampai saat ini, penerbangan tambahan akan kami lakukan untuk rute penerbangan Makassar–Surabaya, Surabaya–Jakarta, Bandung–Jogja, Bandung–Semarang, Semarang-Sampit dan sebaliknya," katanya.

Namun, lanjut Herry, tidak tertutup penerbangan ekstra untuk rute lainnya. "Intinya, bila penumpangnya melebihi dari yang kami prediksi, kami akan segera menambah penerbangan tambahan," sambungnya.

Herry menambahkan, sejak 23 Juli 2013 pemesanan dan pembelian tiket Merpati  untuk wilayah Jabodetabek dan Bandung sudah bisa dilakukan melalui Kantor Pos atau perwakilan PT Pos Indonesia. Untuk Surabaya, Bali dan Makassar akan menyusul dalam waktu dekat. "Selain kerja sama dalam penjualan tiket pesawat, PT Pos Indonesia dan Merpati juga kerja sama dalam bidang kargo dan logistik,” kata Herry Saptanto. (*)



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X