Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

11 Kabupaten Siap Gelar Festival Danau Toba 2013

Kompas.com - 29/07/2013, 07:59 WIB
Tri Wahyuni

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Berbagai upaya untuk menyukseskan Festival Danau Toba 2013 telah ditempuh. Salah satunya adalah dengan membangun sinergi antara pemerintah pusat, daerah, dan kabupaten. Forum Kerjasama Pembangunan Kawasan Danau Toba atau Lake Toba Regional Management telah membahas tentang festival ini sejak lama.

“Sebelum festival ini kita sudah mempunyai masterplan pengambangan pariwisata kawasan Danau Toba sebagai salah satu kawasan strategis pariwisata nasional," kata Bupati Samosir sekaligus Ketua Forum LTRM, Mangindar Simbolon, saat dijumpai di Jakarta, Jumat (26/7/2013) malam.

Ia mengaku kesebelas kabupaten yang memiliki kawasan pariwisata Danau Toba sudah berkomitmen dan dinilai sudah siap. Selain itu, lanjutnya, sinergi antara pemerintah pusat, daerah, dan kabupaten juga sudah dilakukan.

“Anggaran bersama, konsep bersama, komitmen, dan penyelenggaraan bersama. Masing-masing kabupaten harus berkontribusi," ujar Mangindar.

Walaupun sinergitas yang dijalin antar perangkat pemerintah sudah lama dilakukan namun dalam pelaksanannya masih mengalami kendala. Menurut Mangindar, persiapan anggaran menjadi salah satu kendala utama. Selain itu dibutuhkan waktu yang tidak sebentar untuk melakukan koordinasi antara pemerintah kabupaten dan DPRD terkait festival ini.

Untuk ke depannya, lanjut Mangindar, prospek pariwisata Danau Toba diharapkan bisa berkembang lebih jauh. Salah satu usaha yang dilakukan untuk mewujudkannya adalah dengan mengadakan akses transportasi yang mudah dan langsung ke Sumatera Utara.

“Harapan kita dengan adanya Bandara Kualanamu, akan ada penerbangan langsung dari luar negeri," tutur Mangindar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com