Kompas.com - 29/07/2013, 07:59 WIB
Penulis Tri Wahyuni
|
EditorNi Luh Made Pertiwi F
JAKARTA, KOMPAS.com - Berbagai upaya untuk menyukseskan Festival Danau Toba 2013 telah ditempuh. Salah satunya adalah dengan membangun sinergi antara pemerintah pusat, daerah, dan kabupaten. Forum Kerjasama Pembangunan Kawasan Danau Toba atau Lake Toba Regional Management telah membahas tentang festival ini sejak lama.

“Sebelum festival ini kita sudah mempunyai masterplan pengambangan pariwisata kawasan Danau Toba sebagai salah satu kawasan strategis pariwisata nasional," kata Bupati Samosir sekaligus Ketua Forum LTRM, Mangindar Simbolon, saat dijumpai di Jakarta, Jumat (26/7/2013) malam.

Ia mengaku kesebelas kabupaten yang memiliki kawasan pariwisata Danau Toba sudah berkomitmen dan dinilai sudah siap. Selain itu, lanjutnya, sinergi antara pemerintah pusat, daerah, dan kabupaten juga sudah dilakukan.

“Anggaran bersama, konsep bersama, komitmen, dan penyelenggaraan bersama. Masing-masing kabupaten harus berkontribusi," ujar Mangindar.

Walaupun sinergitas yang dijalin antar perangkat pemerintah sudah lama dilakukan namun dalam pelaksanannya masih mengalami kendala. Menurut Mangindar, persiapan anggaran menjadi salah satu kendala utama. Selain itu dibutuhkan waktu yang tidak sebentar untuk melakukan koordinasi antara pemerintah kabupaten dan DPRD terkait festival ini.

Untuk ke depannya, lanjut Mangindar, prospek pariwisata Danau Toba diharapkan bisa berkembang lebih jauh. Salah satu usaha yang dilakukan untuk mewujudkannya adalah dengan mengadakan akses transportasi yang mudah dan langsung ke Sumatera Utara.

“Harapan kita dengan adanya Bandara Kualanamu, akan ada penerbangan langsung dari luar negeri," tutur Mangindar.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.