Kompas.com - 29/07/2013, 11:05 WIB
EditorNi Luh Made Pertiwi F
KOMPAS.com – Ibarat gadis manis, pantai ini pantaslah disebut begitu menawan. Warna pasirnya merah jambu, menyapa genit wisatawan yang berlabuh di tepian pantai menggunakan kapal motor.

Gradasi warna lautan dari biru ke hijau dan beningnya air laut, menambah keelokannya. Pantai Merah atau lebih dikenal dengan sebutan Pink Beach, terus menerus memikat kunjungan wisatawan.

Ia mulai naik daun empat tahun belakangan karena efek meningkatnya kunjungan wisatawan ke Taman Nasional Komodo yang berada di Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur. Ya, Pantai Merah berada di kawasan Taman Nasional Komodo.

KOMPAS.com/Ni Luh Made Pertiwi F. Snorkeling di Pink Beach, Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur
Sehingga, tak lengkap sebuah kunjungan ke Pulau Komodo dan Pulau Rinca untuk melihat satwa komodo, tanpa berpelesiran ke Pantai Merah. Beberapa paket tur biasa mengajak wisatawan untuk snorkeling di Pantai Merah, usai menjelajahi pulau-pulau habitat komodo.

Segera kenakan masker snorkel dan eksplorasi kecantikan bawah laut Pantai Merah. Lautnya cenderung dangkal sehingga cocok untuk berenang maupun snorkeling. Jika beruntung, penyelam bisa bertemu pari.

Pilihan sekedar bersantai di pinggir pantai pun bisa saja. Garis pantai ini tak terlalu panjang, berjalan kaki menyusuri dari satu ujung ke ujung lainnya, hanya memakan waktu sekitar setengah. Bisa saja naik ke atas bukit untuk melihat panorama Pantai Merah secara keseluruhan.

KOMPAS.com/Ni Luh Made Pertiwi F. Wisatawan domestik tengah bersantai di Pink Beach, Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur
Namun, tentu saja primadonanya adalah pasir berwarna merah jambu. Karang merah yang ada di pantai ini membuat pasir tampak berwarna kemerahan. Apalagi jika terkena terpaan sinar matahari, pasir pantai tampak seperti kristal merah jambu, begitu cantik.

Akses dan akomodasi

Untuk mencapai pantai ini bisa menggunakan kapal motor dari Labuan Bajo. Sementara itu, untuk penginapan, Anda bisa menginap di hotel  atau penginapan sederhana yang ada di Labuan Bajo. Pilihan lain adalah menginap di liveaboard.

Karena Pantai merah tak berpenduduk, maka bawalah bekal makanan dan minuman secukupnya. Terutama air minuman untuk mengatasi dehidrasi karena di saat cuaca bagus, udara akan terasa begitu panas. Tetapi ingatlah untuk membawa pulang sisa makanan dan minuman Anda.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.