Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Panorama Tanjung Batu Gosok yang Menggoda

Kompas.com - 31/07/2013, 19:34 WIB
KUPANG, KOMPAS.com - Embusan angin bagai menyapa setiap insan yang mengunjungi tempat itu. Sesekali angin  bertiup kencang memecahkan kesunyian di lokasi itu. Embusannya menepis semua deraian keringat yang membasahi tubuh setelah melintasi jalan berliku sekitar satu jam dari Kota Labuan Bajo.

Mencapai lokasi itu memang harus menyusuri jalan tanah. Namun jalan itu bisa dilewati sepeda motor dan mobil. Lokasi itu terdiri dari padang savana. Tidak ada gubuk maupun rumah. Apalagi bangunan megah yang berada tepat di pinggir jalan menuju ujung barat Flores itu. Jalannya berliku membelai pinggang sejumlah bukit sebelum tiba di tempat tersebut.

Walaupun di sepanjang jalan itu tidak ada bangunan, namun dari kejauhan tepatnya di jalur pantai yang berada di kaki bukit ada sejumlah vila dan hotel milik investor luar negeri. Lokasi titik akhir paling barat dari Pulau Flores itu berbentuk bagai tanjung yang dinamakan Tanjung Batu Gosok.

Satu buah pilar yang mulai rapuh masih tertancap di lokasi itu. Ya, pilar 0 Km Pulau Flores dari arah barat. Dari tempat ini bisa dilihat pemandangan pantai utara dan pantai selatan Flores, karena kedua ujung pantai itu bersua di perairan tersebut.

Wilayah pantai yang melingkari Pulau Flores tersebut terlihat biru bersih. Bahkan dasar pantai bisa dilihat dari bukit Tanjung Batu Gosok. Sebaran pasir putih di pantai utara terlihat jelas dan jejeran pulau-pulau kecil di pantai selatan memanjakan indra penglihatan.

Bahkan warna pasir di dasar pantai bisa disaksikan dari lokasi ini. Pasir putih menghiasi dasar pantai sampai beberapa mil ke arah laut. Lalu diselingi pasir berwarna hitam bisa terlihat jelas. Beberapa orang nelayan sedang asyik memancing ikan di salah satu pulau yang berada di jalur pantai selatan.

"Tidak setiap hari kami datang mancing di sini karena terlalu jauh. Hanya sesekali saja kalau kebetulan ada waktu luang. Selain mancing, kami biasanya selam untuk menembak ikan. Karena di sini ikannya banyak," kata Geradus, salah satu nelayan yang ditemui di Tanjung Batu Gosok.

Selain beberapa orang nelayan, di kejauhan sejumlah kapal pesiar yang sedang melintasi pantai selatan bisa dilihat walau tidak secara detail.

Itulah secuil gambaran tentang kondisi bukit Tanjung Batu Gosok yang disaksikan Pos Kupang saat mengunjungi lokasi itu, Minggu (21/7/2013). Di lembah pantai jalur utara, ada beberapa bangunan hotel mewah. Para tamunya kebanyakan datang menggunakan transportasi laut dari Labuan Bajo bila ingin menginap di tempat itu.

Di titik akhir paling barat Pulau Nusa Bunga hanya ada satu bangunan kecil bagai pondok beratapkan seng tanpa dinding tetapi memiliki tempat duduk yang diatur rapih. Pengunjung bisa sekadar melepas lelah di tempat itu. Namun lokasi itu masih jarang dikunjungi.

Ini bisa dilihat dari kondisi badan jalan menuju lokasi itu yang banyak ditumbuhi rumput-rumput liar sehingga berbentuk semak-semak. Kondisi itu memberi kesan tidak banyak yang melintas di jalan tersebut.

KOMPAS IMAGES/RODERICK ADRIAN MOZES Sejumlah kapal berlabuh di Labuan Bajo, Manggarai Barat, Flores, Nusa Tenggara Timur, Senin (4/6/2012). Dari sinilah para wisatawan menuju sejumlah pulau yang menjadi habitat alami satwa endemik komodo, seperti Pulau Rinca, Pulau Komodo, Nusa Kode, dan Gili Motang.
Selain di Tanjung Batu Gosok, terdapat sejumlah lokasi lain di jalur kawasan itu yang bisa memanjakan mata, seperti Tanjung Bunga Manis Batu Gosok dan Pantai Lombongi di jalur Pantai Utara. Di Pantai Lombongi juga terdapat salah satu perusahaan asing yang bergerak di bidang budidaya ikan kerapu tikus.

Di sekitar lokasi itu juga ada bekas lokasi tambang emas. Beberapa wilayah Manggarai Barat bisa dilihat dari Pantai Lombongi, yaitu Rangko, Boleng dan beberapa tempat lainnya. Bahkan Pulau Sebabi dan Tanjung Pontianak juga bisa dilihat dari pantai ini.

"Memang kurang yang datang berkunjung ke sini. Kadang-kadang ada juga yang datang sambil bakar ikan," kata seorang nelayan, Lukas Rido, yang ditemui di pantai itu, Minggu (28/7/2013).

Lombongi merupakan pantai selatan Flores yang jarang dikunjungi warga. Namun dia memiliki keindahan sendiri. Terlihat bersih dihiasai pasir putih dan jejeran bukit yang mengitari tepat di bibir pantai.

Untuk menuju Tanjung Batu Gosok di ujung Barat Pulau Flores atau Pantai Lombongi, pengunjung harus melewati beberapa lokasi pantai selatan yang relatif lebih ramai dikunjungi, seperti Pantai Binongko, Pantai Wae Rana dan Pantai Wae Cecu. (Servatinus Mammilianus)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com