Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kunjungan Wisman Juni Tertinggi Sepanjang Sejarah

Kompas.com - 01/08/2013, 15:26 WIB
Tri Wahyuni

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Jumlah kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) di bulan Juni 2013 mencatat rekor baru. Berdasarkan data BPS dan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) tercatat sebanyak 789.594 wisman berkunjung ke Indonesia pada Juni 2013.

Angka ini menunjukkan peningkatan sebanyak 13,5 persen dibanding  Juni 2012. Kunjungan wisman di bulan Juni 2013 merupakan jumlah kunjungan wisman tertinggi sepanjang sejarah pariwisata Indonesia.

Kenaikan jumlah wisman ini disumbangkan oleh adanya pertumbuhan jumlah wisman dari kawasan Uni Emirat Arab sebanyak 122,4 persen. Setelah Uni Emirat Arab, disusul oleh China sebesar 54,2 persen, Arab Saudi sebesar 34,3 persen, Hongkong 31,5 persen, dan Taiwan 30,4 persen.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Mari Elka Pangestu, saat jumpa pers di Jakarta, Kamis (1/8/2013), mengatakan, kenaikan ini merupakan keberhasilan dari strategi pemasaran yang memfokuskan pada pasar Asia dengan tetap mempertahankan 16 pasar utama pariwisata Indonesia.

"Promosi di kawasan Eropa juga mulai menunjukkan hasil. Kita berharap pada bulan-bulan yang menjadi peak season (musim padat kunjungan) berikutnya trennya juga positif," ujar Mari.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com