Kunjungan Wisman Juni Tertinggi Sepanjang Sejarah

Kompas.com - 01/08/2013, 15:26 WIB
ILUSTRASI - Wisatawan mengunjungi lokasi wisata Pura Ulu Watu, Bali, Selasa (1/1/2011). Berdasar data Dinas Pariwisata Bali, hingga Agustus 2011 jumlah wisatawan yang berkunjung di Bali mencapai 1.8 juta wisatawan. KOMPAS IMAGES/KRISTAINTO PURNOMO ILUSTRASI - Wisatawan mengunjungi lokasi wisata Pura Ulu Watu, Bali, Selasa (1/1/2011). Berdasar data Dinas Pariwisata Bali, hingga Agustus 2011 jumlah wisatawan yang berkunjung di Bali mencapai 1.8 juta wisatawan.
Penulis Tri Wahyuni
|
EditorNi Luh Made Pertiwi F
JAKARTA, KOMPAS.com - Jumlah kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) di bulan Juni 2013 mencatat rekor baru. Berdasarkan data BPS dan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) tercatat sebanyak 789.594 wisman berkunjung ke Indonesia pada Juni 2013.

Angka ini menunjukkan peningkatan sebanyak 13,5 persen dibanding  Juni 2012. Kunjungan wisman di bulan Juni 2013 merupakan jumlah kunjungan wisman tertinggi sepanjang sejarah pariwisata Indonesia.

Kenaikan jumlah wisman ini disumbangkan oleh adanya pertumbuhan jumlah wisman dari kawasan Uni Emirat Arab sebanyak 122,4 persen. Setelah Uni Emirat Arab, disusul oleh China sebesar 54,2 persen, Arab Saudi sebesar 34,3 persen, Hongkong 31,5 persen, dan Taiwan 30,4 persen.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Mari Elka Pangestu, saat jumpa pers di Jakarta, Kamis (1/8/2013), mengatakan, kenaikan ini merupakan keberhasilan dari strategi pemasaran yang memfokuskan pada pasar Asia dengan tetap mempertahankan 16 pasar utama pariwisata Indonesia.

"Promosi di kawasan Eropa juga mulai menunjukkan hasil. Kita berharap pada bulan-bulan yang menjadi peak season (musim padat kunjungan) berikutnya trennya juga positif," ujar Mari.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X