Kompas.com - 02/08/2013, 08:21 WIB
EditorNi Luh Made Pertiwi F
BEIJING, KOMPAS.com — Badan promosi pariwisata Visit Indonesia Tourism (VITO) mengungkapkan saat ini Lombok menjadi salah satu daerah tujuan wisata menarik bagi wisatawan China selain Pulau Bali.

Manajer Humas VITO Lena Yang kepada Antara di Beijing, Kamis (1/7/2013), mengungkapkan Indonesia merupakan daerah tujuan wisata popular bagi turis China, khususnya Bali.

"Bali menduduki urutan ketiga dari sepuluh pulau yang menarik bagi wisatawan China, menurut situs17u.cn-booking," ungkapnya.    

Namun, lanjut Lena, kini wisatawan China juga mulai melirik daerah tujuan atau destinasi menarik lainnya di Indonesia. "Seperti Yogyakarta dan Jawa Timur, bahkan kini para pelancong dari China sudah mulai melirik Lombok sebagai salah satu daerah tujuan wisata favorit di Indonesia untuk dikunjungi," tuturnya.

Lena mengemukakan jumlah turis China yang berkunjung ke Indonesia pada 2011 tercatat 493.019. Jumlah itu meningkat menjadi 618.223 orang pada 2012 atau naik 25,40 persen.

Sementara itu, pada enam bulan pertama 2013 jumlah pelancong China yang berkunjung ke Indonesia tercatat 301.322 orang atau naik sekitar 13,83 persen dari periode sama 2012 yang hanya mencapai 264.715 orang.

Lena mengatakan pihaknya gencar untuk melakukan promosi tentang Indonesia di China dengan menggandeng perusahaan biro perjalanan di China, Perwakilan Pemerintah RI di China, bahkan maskapai Garuda Indonesia di China.

"Kita lakukan promosi antara lain dengan ’co-marketing LED program’ dengan China Oriental Culture Group. Di kegiatan yang diselenggarakan di Taman Olympic ini mereka menampilkan video tentang pariwisata Indonesia dan mendapatkan respons positif dari pengunjung," ujarnya.

Tak hanya itu, VITO juga menggelar forum tentang warisan budaya Indonesia berpartisipasi dalam expo wisata terbesar di China seperti CIBTM 2012.

"Khusus di Guangzhou, ada beberapa kegiatan promosi yang dilakukan VITO cabang Guangzhou seperti kuis promosi wisata melalui media sosial: Tencent Blog. Dilaksanakan dari bulan Januari hingga Febuari dan mendapatkan respon positif dari pengguna media sosial," kata Lena.

VITO juga melakukan Joint Roadshow dengan Garuda Indonesia. "Kegiatan itu merupakan kerja sama marketing antara VITO Guangzhou dan Garuda Indonesia untuk mempromosikan Indonesia sebagai tempat tujuan rekreasi dan bisnis," ucapnya.

Lena menambahkan kegiatan tersebut berhasil menarik sekitar 800.000 pengunjung, 15 media, dan 55 tour operators di Guangzhou.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber Antara
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.