Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lembata Tawarkan Tiga Destinasi Unggulan

Kompas.com - 03/08/2013, 19:41 WIB
LEWOLEBA, KOMPAS.com - Kabupaten Lembata, Nusa Tenggara Timur (NTT) menawarkan tiga destinasi unggulan untuk menyambut peserta Sail Komodo yang tiba di Pelabuhan Lewoleba Lembata, 16 Agustus 2013.

Tiga destinasi unggulan itu antara lain Wisata Alam Pantai Pasir Putih Minggar di Mingar, Kecamatan Nagawutung. Destinawi wisata budaya penangkapan paus di Lamalera, Kecamatan Wulandoni dan Wisata Kampung Adat Jontona di Kecamatan Ileape.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Lembata, Longginus Lega di Lewoleba, Selasa (30/7/2013), mengatakan, welcome ceremony peserta Sail Komodo dilakukan tanggal 16 Agustus 2013. Sebelum digelar penyambutan di pelataran Pelabuhan Lewoleba, peserta Sail Komodo diajak untuk melakukan parade keliling di sekitar kolam labuh pelabuhan Lewoleba.

"Ini desain kita. Semoga bisa dijalankan dengan baik. Parade ini kita coba usulkan karena selama ini peserta sail muncul dan kemudian hilang begitu saja. Jadi masyarakat Lembata perlu tahu kapan mereka datang, kapan mereka pergi," kata Lega.

DOK INDONESIA.TRAVEL Warga Lembata di NTT.
Sedangkan tiga destinasi, lanjut Lega, untuk peserta Sail Komodo adalah Lamalera, Pasir Putih Mingar dan Kampung Adat Jontona.

Lega meyakini penyambutan peserta Sail Komodo di Lembata akan berlangsung sukses. "Kita sudah pengalaman menyiapkan penyelenggaraan ini sejak tahun 2006. Jadi, tidak akan ada masalah soal persiapan," jelasnya.

Untuk memeriahkan Sail Komodo akan dilakukan karnaval budaya di dalam Kota Lewoleba. Pemerintah juga telah mempersiapkan SDM  pemandu wisata. "Ada pemandu yang punya wadah, yang memiliki sertifikat 8 orang. Yang lain juga banyak," tambah Lega.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com