Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sambut Pengunjung, Kebun Raya Bogor Berbenah

Kompas.com - 04/08/2013, 20:39 WIB
Fitri Prawitasari

Penulis

BOGOR, KOMPAS.com - Salah satu pusat konservasi flora yakni Kebun Raya Bogor, Jawa Barat, melakukan persiapan untuk menyambut Liburan Lebaran 2013. Persiapan dimaksudkan untuk menjamin kenyamanan pengunjung yang datang.

"Kita ada kerja sama dengan polisi dan PMI, nanti kita juga persiapkan ambulance. Serta petugas penjaga sekitar seratus empat puluh sampai seratus lima puluh orang," tutur Direktur Kebun Raya Bogor, Mustaid Siregar, di Bogor, Jumat (2/8/2013).

Menurut Mustaid, pihaknya mengupayakan kualitas kunjungan dengan fasilitas yang dimiliki kebun raya. Ia mengharapkan terutama anak-anak sekolah yang datang ke kebun raya membawa "hasil" berupa edukasi terkait flora yang ada.

Pada kesempatan yang sama, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Mari Elka Pangestu mengatakan, puncak kunjungan Kebun Raya Bogor ada pada saat libur lebaran. "Kelihatannya dari tahun ke tahun kenaikannya luar biasa di libur lebaran. Pertumbuhan pengunjung sekitar 10 persen," katanya.

Seperti diketahui, berdasarkan data yang dimiliki Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf), Kebun Raya Bogor mendapatkan kunjungan satu juta pengunjung pada tahun 2012. "Justru di libur lebaran lebih tinggi dari liburan sekolah (bulan Juni)," katanya.

"Kunjungan ada pada segmen anak-anak SD, SMP, SMA dan mahasiswa. Agar mereka lebih belajar banyak mengenai flora di Indonesia," sambung Mari.

Sedangkan untuk kunjungan wisatawan mancanegara, Mustaid menimpali, puncak kunjungan terjadi pada bulan Juli. "Pengunjung yang kita harapkan memang pengunjung yang ingin belajar mengenai flora. Tak hanya sekadar leisure ataupun bersenang-senang," kata Mustaid.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com