Kompas.com - 05/08/2013, 12:43 WIB
EditorI Made Asdhiana
SEMARANG, KOMPAS — Perayaan 608 tahun pendaratan Laksamana Cheng Ho atau Sam Poo Tay Djien akan digelar masyarakat Tionghoa di Kota Semarang, Jawa Tengah. Perayaan ini melibatkan dua kelenteng besar di Semarang, yakni Kelenteng Besar Tay Kak Sie di Gang Lombok dan Kelenteng Agung Sam Poo Kong (Gedung Batu), Simongan.

Pengamat budaya Tionghoa, Yongki Tio, Minggu (4/8/2013), di Semarang, mengemukakan, perayaan kedatangan Cheng Ho sudah menjadi agenda wisata. ”Acara itu dipuncaki dengan kirab patung Cheng Ho dari Kelenteng Tay Kak Sie menuju Sam Poo Kong,” ujarnya.

Kirab tersebut digelar pada Selasa (6/8/2013) untuk melengkapi kisah pendaratan Cheng Ho di Semarang. Kirab juga diiringi sejumlah grup barongsai dan liong, gamelan tradisional Tiongkok, pasukan berkuda, dan barisan umat kelenteng.

Perayaan kedatangan Cheng Ho diawali dengan sembahyangan pada Senin (5/8/2013) malam di Kelenteng Kay Tak Sie, yang diisi pula dengan beragam sajian kesenian di panggung terbuka replika kapal di Kali Semarang.

Anggota Panitia Perayaan Cheng Ho, Yuli, mengatakan, Gubernur Jateng terpilih Ganjar Pranowo akan menghadiri acara itu. (WHO)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.