Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pencarian Tiket "Online" Meningkat Tajam

Kompas.com - 05/08/2013, 17:45 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com - Wego, situs pencari dan pembanding informasi perjalanan di Asia Pasifik dan Timur Tengah mengumumkan tren kenaikan pencarian tiket untuk libur Lebaran. Secara keseluruhan, pencarian tiket pesawat naik 101 persen dibandingkan periode libur Lebaran tahun lalu. Untuk volume pencarian hotel, meningkat 231 persen.

“Pertumbuhan ini mencerminkan makin banyak orang Indonesia yang merencanakan liburan mereka. Sekaligus juga menunjukkan perkembangan pasar Indonesia dalam penggunaan Wego,” kata Managing Director Wego Indonesia, Graham Hills, dalam siaran persnya, Senin (5/8/2013).

Menurut Hills, tahun ini Bali dan Singapura masih menjadi destinasi favorit pengguna Wego untuk libur Lebaran. Dibandingkan tahun lalu, tercatat kenaikan 73 persen untuk pencarian hotel di Bali dan kenaikan 67 persen untuk Singapura.

Adapun Yogyakarta terlihat makin populer sebagai destinasi libur Lebaran. Berada di posisi ke-3, pencarian hotel di Yogyakarta meningkat 251 persen. Sedangkan volume pencarian hotel di Jakarta naik 171 persen sehingga menempatkan Jakarta di peringkat ke-4.

Pencarian tiket penerbangan juga menunjukkan tren menarik. "Tahun ini, Garuda Indonesia merupakan maskapai penerbangan paling favorit untuk penerbangan ke luar negeri, naik 256 persen dibandingkan dengan volume pada libur Lebaran tahun lalu," katanya.

KOMPAS IMAGES/KRISTIANTO PURNOMO Presiden Direktur Mandala Airlines, Paul Rombeek membagikan cinderamata saat penerbangan perdana Mandala Jakarta-Yogyakarta kepada penumpang di kabin, Kamis (16/5/2013). Penambahan rute ini kian memperluas jaringan Mandala di tujuh tujuan domestik yaitu Jakarta, Denpasar, Pekanbaru, Medan, Padang, Surabaya, dan Yogyakarta.
Posisi kedua ialah Malaysian Airlines mencatat kenaikan 247 persen dibandingkan tahun lalu, menggantikan posisi Air Asia. Tiger Air Mandala yang banyak diminati untuk penerbangan ke luar negeri juga disukai untuk destinasi lokal.  Tercatat pertumbuhan 485 persen untuk pencarian tiket Tiger Air Mandala untuk rute domestik. Adapun Lion Air yang tahun lalu merajai pasar ini, kini turun 59 persen.

“Pengguna Wego saat ini sudah sangat sadar bahwa mereka punya banyak opsi, dengan rute baru penerbangan dan opsi akomodasi yang tersebar di seluruh nusantara, yang menawarkan banyak promo fantastik,” tambah Hills. (*)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com