Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Polda Bali Tingkatkan Pengamanan di Obyek Wisata

Kompas.com - 06/08/2013, 10:43 WIB
DENPASAR, KOMPAS.com - Kepolisian Daerah Bali meningkatkan pengamanan di sejumlah obyek wisata yang akan dipadati ribuan wisatawan saat libur panjang Hari Raya Idul Fitri 1434 Hijriah.

"Pengamanan objek wisata menjadi salah satu bagian Rencana Operasi Ketupat Agung mengingat di Bali tak hanya arus mudik tetapi juga didominasi arus kedatangan wisatawan sehingga pengamanan ditingkatkan," kata Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Bali, Komisaris Besar Hariadi di Denpasar, Selasa (6/8/2013).

Polda Bali mengerahkan 1.300 personel untuk pengamanan dalam Operasi Ketupat Agung yang berlangsung mulai 2-15 Agustus 2013.

Personel tersebut terdiri atas 341 personel Polda Bali dan 959 personel dari satuan wilayah di sembilan kabupaten dan kota di Pulau Dewata yang dibantu oleh TNI, Dinas Perhubungan, Satuan Polisi Pamong Praja, Dinas Kesehatan, serta instansi lainnya.

KOMPAS IMAGES/KRISTAINTO PURNOMO ILUSTRASI - Wisatawan mengunjungi lokasi wisata Pura Ulu Watu, Bali, Selasa (1/1/2011). Berdasar data Dinas Pariwisata Bali, hingga Agustus 2011 jumlah wisatawan yang berkunjung di Bali mencapai 1.8 juta wisatawan.
Petugas dibagi ke dalam operasi pengamanan seperti disiagakan di pos pelayanan dan pengamanan yang berjumlah 23 posko di sepanjang jalur mudik dan pengamanan di obyek wisata, tempat ibadah, dan obyek-obyek vital.

Sejumlah obyek wisata yang menjadi prioritas pengamanan aparat kepolisian karena biasanya dipadari ribuan pengunjung di antaranya di Pantai Kuta, Legian, Sanur, Nusa Dua, Uluwatu dan Jimbaran yang terletak di Kabupaten Badung.

Selain itu pos pengamanan di lokasi wisata lainnya juga ditempatkan di antaranya untuk wilayah Kabupaten Gianyar seperti di Pasar Seni Sukawati, Bali Zoo, Ubud, dan Monkey Forest.

KOMPAS IMAGES/FIKRIA HIDAYAT Wisatawan menikmati matahari terbit dari kawah I Gunung Batur di Kecamatan Kintamani, Bangli, Bali, Jumat (7/10/2011). Gunung ini memiliki tiga buah kawah yang masih aktif yang terletak di kaldera Batur raksasa. Banyak wisatawan ke tempat ini hanya berolahraga dan melihat pemandangan. Padahal kawasan gunung juga menjadi laboratorium geologi yang mahakaya.
Di Kabupaten Tabanan, pos pengamanan ditempatkan di Kebun Raya Bedugul, Tanah Lot. Sedangkan di Kabupaten Buleleng, pengamanan obyek wisata dipusatkan di Pantai Lovina, Danau Buyan, dan Taman Nasional Bali Barat.

Sementara itu untuk pengamanan obyek wisata di tiga kabupeten lain yakni Bangli, Karangasem, dan Klungkung tersebar di Danau Batur Kintamani, Trunyan, Pura Besakih, Candi Dasa, Pantai Amed, Goa Lawah, dan Museum Kertagosa.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Antara
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com