Kompas.com - 07/08/2013, 09:35 WIB
Wisman berlibur di Gianyar, Bali. KOMPAS.COM/I MADE ASDHIANAWisman berlibur di Gianyar, Bali.
EditorI Made Asdhiana
GIANYAR, KOMPAS.com - Masyarakat Payangan, Kabupaten Gianyar, Bali, menciptakan tujuan wisata baru melalui pertunjukan seni untuk menarik minat wisatawan mancanegara. "Selama tahun ini kami menargetkan 2.000 wisatawan mancanegara ke Payangan," kata Dewa Rai Budiasa selaku pendiri Yayasan Putra Sedana yang membawahi para seniman di Payangan, Selasa (6/8/2013).

Ia menyebutkan bahwa selama periode Januari-Agustus 2013 sekitar 620 turis Perancis dan Jerman untuk menyaksikan atraksi seni tradisional. Dari bulan Agustus hingga Desember 2013 sudah 50 kelompok wisman yang memesan pertunjukan seni kepada Sanggar Seni Manggala Putra yang dikelola Yayasan Putra Sedana itu.

"Kalau diasumsikan satu kelompok beranggotakan 20 orang, maka secara keseluruhan sebanyak 1.000 wisatawan asing akan datang menyaksikan kreasi seniman tradisional Payangan," kata Rai Budiasa.

Ia mengakui jumlah tersebut tidak sebanyak kunjungan turis asing ke Ubud yang wilayahnya bertetangga dengan Payangan. "Tapi kalau ditinjau dari aspek lain, jumlah itu lumayan besar bagi destinasi baru pariwisata di Kabupaten Gianyar," katanya.

Menurut Rai Budiasa, Payangan memiliki potensi yang cukup besar untuk dikembangkan sebagai kawasan wisata seni dan budaya seperti di Ubud. "Karena itu, kami sangat membutuhkan dukungan penuh dari pemerintah agar Payangan bisa mendapatkan kunjungan wisatawan mancanegara," tambah Rai Budiasa.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



Sumber Antara
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.