Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pasar Taman Puring, Surganya Sepatu Murah

Kompas.com - 08/08/2013, 10:43 WIB
Nicky Aulia Widadio

Penulis

KOMPAS.com – Jakarta memang patut menyandang gelar sebagai destinasi wisata belanja. Pasalnya, Jakarta memiliki tempat belanja dari harga ningrat sampai merakyat.

Salah satunya adalah Pasar Taman Puring. Pasar ini terkenal dengan beragam sepatu yang ditawarkan. Anda bisa menemukan sepatu-sepatu berkualitas dengan harga yang terjangkau dan bisa ditawar.

Terletak di kawasan Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Pasar Taman Puring menjadi incaran semua kalangan. Tua, muda, laki-laki, maupun perempuan, semua berbelanja di sini. Tentu, kebanyakan dari mereka mencari sepatu.

Sepatu yang dijual di Pasar Taman Puring memiliki jenis yang beragam. Mulai dari sepatu sekolah, sepatu olahraga, sepatu untuk bekerja, sepatu boots, sepatu kets, sepatu trekking, sampai sepatu hiking. Bahkan ada juga sepatu wanita seperti flat shoes, wedges, dan high heels.

KOMPAS.com/Tri Wahyuni Pasar Taman Puring, Jakarta.
Pilihannya sangat beragam. Begitu juga dengan kualitasnya. Ada sepatu dengan kualitas original sampai sepatu buatan lokal. Model dan warnanya juga sangat menarik mata. Mulai dari model klasik sampai keluaran terbaru pun ada.

Banyaknya sepatu dengan beragam model dan warna sering membuat pelanggan kewalahan. Misalnya saja Eva. Ia khusus datang dari Bogor ke Pasar Taman Puring, hanya untuk membeli sepatu sekolah untuk anaknya.

Dari jam sebelas siang sampai jam dua siang, anaknya masih sibuk memilih sepatu di sana-sini. Sementara Eva hanya duduk akibat kelelahan. Eva dan anaknya mengaku sering mengunjungi pasar ini karena harga murah dan barangnya awet.

Untuk kisaran harga, sepatu di Pasar Taman Puring memang tergolong murah. Anda bisa mendapatkan sepatu mulai dari harga Rp 50.000 sampai ratusan ribu rupiah, tergantung kualitas barang yang diinginkan. Jika Anda ingin berbelanja dalam skala besar, Anda bisa mendapatkan dengan harga yang lebih murah dibandingkan dengan membeli satuan.

Pembeli di Pasar Taman Puring tidak hanya membeli untuk kepentingan pribadi. Banyak juga pengunjung yang membeli dengan jumlah yang besar untuk dijual lagi. Salah satunya adalah Ridwan. Pria asal Sulawesi ini membeli banyak sepatu dan baju untuk di jual lagi.

“Saya beli sepatu satu lusin, baju dua lusin. Di sini enak bisa dapat harga murah,” kata Ridwan.

Harga yang murah mengakibatkan pasar ini selalu dipadati pengunjung, apalagi ketika akhir pekan tiba. Ratusan manusia memenuhi gang-gang pertokoan yang sempit. Jika pasar ini sedang penuh, berjalan pun akan sulit. Maklum, ukuran pasar dengan jumlah kios sebanyak 710 buah ini memang tidak terlalu besar.

KOMPAS.com/Tri Wahyuni Pasar Taman Puring, Jakarta.
Walaupun pasar sangat padat ketika ramai pengunjung, Anda tidak perlu khawatir dengan urusan keamanan pasar. Menurut Kepala Keamanan Pasar Taman Puring, M. Zein, selama ini tidak ada pengaduan tentang tidakan kriminalitas yang terjadi di pasar.

“Sampai hari ini keamanan, baik di dalam maupun di lingkungan, aman. Tidak ada keluhan dari pedagang dan konsumen," kata Zein.

Terjaminnya keamanan di pasar ini juga didukung oleh adanya kantor polisi tepat di sebelah pasar. Pasar Taman Puring merupakan bangunan yang memiliki dua lantai. Di lantai satu, terdapat 626 kios, sementara di lantau dua terdapat 84 kios. Fasilitas di sini cukup lengkap. Ada toilet umum, mushola, tempat parkir, dan tempat makan.

Tidak hanya sepatu

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com