Kompas.com - 08/08/2013, 13:04 WIB
ILUSTRASI - Pengunjung menggunakan bus khusus berpapasan dengan gajah saat melintasi kawasan Taman Safari Indonesia, Cisarua, Bogor, Jawa Barat, Senin (21/9/2009). Saat libur Lebaran, tempat wisata ini mengalami lonjakan pengunjung yang drastis. Jalur safari untuk melihat langsung hewan liar terlihat padat dibanding hari biasa. KOMPAS IMAGES/FIKRIA HIDAYATILUSTRASI - Pengunjung menggunakan bus khusus berpapasan dengan gajah saat melintasi kawasan Taman Safari Indonesia, Cisarua, Bogor, Jawa Barat, Senin (21/9/2009). Saat libur Lebaran, tempat wisata ini mengalami lonjakan pengunjung yang drastis. Jalur safari untuk melihat langsung hewan liar terlihat padat dibanding hari biasa.
EditorNi Luh Made Pertiwi F
KOMPAS.com - Libur Lebaran, tempat-tempat wisata seperti pantai dan taman wisata biasanya akan dipadati pengunjung. Padatnya pengunjung didominasi oleh keluarga yang membawa anak.

Anak-anak yang terlepas dari pengamatan orang tua pun kerap terjadi. Antrean panjang dan urusan makan pun menjadi hal yang tak nyaman bagi si kecil. Oleh karena itu, pastikan beberapa hal sebelum Anda berlibur di tempat-tempat wisata favorit.

Bekal makanan dan minuman. Bawalah makanan ringan yang sehat dan air mineral yang banyak. Camilan sehat bisa berupa buah seperti pisang dan apel, serta roti lapis isi keju.

Jika bisa, bawa sendiri bekal makan siang Anda dan keluarga, agar tak repot mencari makanan di tengah keramaian. Selain itu, harga cenderung lebih mahal saat Anda membeli di tempat wisata.

Pastikan tempat wisata yang Anda kunjungi memperbolehkan pengunjung membawa makanan dari luar. Memang, akan lebih susah membawa tentengan makanan. Tetapi nantinya akan ringan setelah bekal habis dimakan.

Tanda pengenal. Buatkan tanda pengenal untuk anak Anda. Bisa berupa name tag yang berisikan nama anak, nama orang tua, alamat, golongan darah, dan nomor telepon orang tua maupun nomor telepon lain yang bisa dihubungi di dalam keadaan darurat. Tanda pengenal ini penting jika sewaktu-waktu anak Anda hilang atau tak sengaja terlepas dari pengamatan Anda.

Naik mobil atau kendaraan umum? Naik mobil pribadi memang lebih nyaman, tetapi pertimbangkan masalah parkirnya. Jika ternyata lebih mudah naik kendaraan umum, maka manfaatkan fasilitas kendaraan umum menuju tempat wisata.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Bawa perlengkapan lainnya. Handuk kecil dan baju ganti untuk si kecil wajib Anda bawa. Bila perlu, Anda juga bisa membawa baju ganti untuk diri Anda sendiri. Pilih pakaian berbahan katun yang menyerap keringat. Bila berencana mengunjungi tempat wisata air seperti watersport atau pantai, baju renang menjadi hal wajib yang perlu dibawa.

Payung atau jas hujan, sun block, obat pribadi, minyak kayu putih, obat antiseptik untuk luka, dan kacamata hitam bisa menjadi perlengkapan yang perlu Anda bawa. Buat daftar barang-barang yang perlu dibawa, tetapi jangan sampai berlebihan.

Bawa uang recehan. Siapkan uang recehan untuk memudahkan Anda membayar parkir dan jajan. Hal ini memudahkan Anda untuk mempercepat saat mengantre. Selain itu siapkan uang pas saat membeli tiket.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


25th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X