Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Berlayar" di Taman Bermain Pinisi

Kompas.com - 08/08/2013, 14:14 WIB
Fitri Prawitasari

Penulis


KOMPAS.com - Pernah ada masa nama Kapal Pinisi mengharumkan bumi Nusantara di masa lampau. Pinisi adalah kapal khas Sulawesi Selatan. Konon, kapal ini sangat tangguh dan para nenek moyang menggunakan kapal tersebut untuk mengarungi lautan luas.

Lain dulu lain pula sekarang. Di zaman sekarang, generasi muda terutama anak-anak mungkin sudah jarang mendengar nama Pinisi. Mungkin pula, mereka hanya pernah mendengar tanpa pernah melihat bentuk nyata dari Pinisi.

Di sebuah lobi taman bermain bernama Pinisi Edutainment Park, berdiri sebuah kapal Pinisi berukuran besar. Kapal tersebut merupakan simbol, sesuai dengan nama tempat taman bermain. Kapal tak hanya sebagai hiasan, namun juga bisa dimasuki oleh anak-anak.

"Anak-anak mungkin tahunya hanya Monas atau Borobudur. Sebenarnya banyak simbol lain di Indonesia yang filosofinya bagus. Di sini kita mencoba memperkenalkan salah satu simbol yang ada kepada anak-anak," ujar Direktur Pinisi Edutainment Park, Ari Kartika.

Sesuai dengan simbol yang dibawa yakni mencerminkan warisan Indonesia, permainan yang ditawarkan di taman bermain ini pun menawarkan hal-hal bersifat kebudayaan. Di libur Lebaran ini, Anda bisa mengajak si kecil untuk berkunjung ke Pinisi Edutainment Park.

KOMPAS.com / FITRI PRAWITASARI Seorang anak sedang mengikuti kelas menari di taman bermain Pinisi Edutainment Park, Lantai 9 Pasaraya Blok M, Jakarta

Ada kelas-kelas yang mengajarkan kebudayaan Indonesia. Sebut saja kelas mewayang, membatik, hingga menari. Dalam kelas tersebut, juga ada pelatih yang akan mengajari anak-anak pada jam-jam tertentu.

Nuansa Indonesia juga hadir pada dekorasi dalam ruangan. Pada bagian dinding dipajang foto-foto nama-nama pahlawan. Perang-perang yang pernah terjadi di bumi Nusantara serta replika rumah adat dari beberapa daerah.

Dalam bermain, anak-anak pun akan banyak didampingi oleh para pemandu yang disebut dengan Children Attendance. Para pemandu yang ada menggunakan busana seperti seorang pelaut. Hal ini pun membuat suasana berada di sebuah kapal kian terasa.

KOMPAS.com / FITRI PRAWITASARI Seorang Pemandu (Children Attendance) Menemani Anak-anak Saat Bermain di Taman bermain Pinisi Edutainment Park, Lantai 9 Pasaraya Blok M, Jakarta
Wahana Pinisi Edutainment Park terdiri dari dua lantai. Nantinya, Arie mengatakan, wahana ini akan akan ada tiga lantai dengan satu lantai sendiri dikhususkan sebagai pusat sains.

Selain menyuguhkan permainan bernuansa Indonesia, anak-anak juga disajikan permainan atraksi seperti Flying Fox, Wall Climbing, dan Bumper Boat. Selain itu, juga ada simulasi empat dimensi di ruangan khusus.

Taman bermain Pinisi Edutainment Park berada di Lantai 9 dan 10 Mall Pasaraya Blok M. Untuk tiket masuk, anak-anak usia 4 sampai 16 tahun dikenakan tarif Rp 100.000 dan pada musim liburan Rp 130.000. Sedangkan usia 1 sampai 3 tahun Rp 50.000 dan Rp 100.000 pada musim liburan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com