Kompas.com - 08/08/2013, 15:04 WIB
Pedagang berjualan telur asin di Jalan Diponogoro, Brebes, Jawa Tengah, Senin (29/7/2013). BI mengupayakan akan pelaku usaha kecil dan mikro bisa mendapatkan layanan perbankan. KOMPAS IMAGES/VITALIS YOGI TRISNAPedagang berjualan telur asin di Jalan Diponogoro, Brebes, Jawa Tengah, Senin (29/7/2013). BI mengupayakan akan pelaku usaha kecil dan mikro bisa mendapatkan layanan perbankan.
EditorNi Luh Made Pertiwi F
KOMPAS.com - Mudik lewat Brebes, Jawa Tengah? Harus mampir untuk membeli telur asin khas Brebes. Di sepanjang Jalan Diponegoro yang merupakan jalur dilewati pemudik, berjajar penjual telur asin.

Tinggal pilih saja, mau telur asin mentah atau telur asin rebus. Untuk oleh-oleh memang lebih tepat membeli telur asin mentah.  Ada pula telur asin pangon yang dipandang telur asin berkualitas tertinggi.

Telur ini berasal dari bebek pangon atau bebek yang diangon. Bebek ini hanya makan padi dan dipelihara di luar kandang. Bisa dibilang ini bebek organik sehingga menghasilkan telur asin organik.

KOMPAS IMAGES/FIKRIA HIDAYAT Telur bebek asin khas Brebes yang dijual pedagang hampir di sepanjang Jalan Pangeran Diponegoro, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, Kamis (1/7/2010). Para pedagang telur asin di tempat ini bisa laku menjual 1.500 butir telur asin per hari, dan penjualan melonjak tajam saat memasuki musim liburan atau lebaran yang mencapai 8.000 butir per hari. Telur bebek asin organik dijual seharga Rp 2.200 per butir, sedangkan telur asin bebek biasa seharga Rp 2.000 per butir.
Tenang saja, telur asin tahan sampai sekitar seminggu. Tetapi jika sekedar untuk bekal dimakan selama perjalanan, telur rebus bisa menjadi pilihan. Ciri khas lainnya adalah telur asin masir yang bagian kuningnya agak berminyak.

Apa yang membuat telur asin Brebes begitu istimewa? Selain melewati sejarah panjang dari era tahun 1950-an, telur asin Brebes juga dianggap berkualitas.

Warna kuning telur begitu pekat dan cenderung ke arah jingga, serta bertekstur padat. Sementara putihnya lembut dan asin. Namun, amisnya tak terlalu kencang dan rasa asinnya pun tak begitu menyengat.

Jika tak suka telur yang terlalu asin, Anda bisa pilih telur yang asinnya lebih terasa halus. Pilihan lain selain telur mentah dan telur rebus adalah telur asin asap dan telur asin bakar. Jangan lupa untuk mengetahui tanggal produksi telur asin yang akan Anda beli.

KOMPAS IMAGES/VITALIS YOGI TRISNA Pekerja melakukan proses pembuatan telur asin di Jalan Diponogoro, Brebes, Jawa Tengah, Senin (29/7/2013). Jelang arus mudik, produsen meningkatkan produksi telur asin sekitar 400 persen dari hari biasa.
Pilih telur asin yang masih segar. Untuk kemasan, tanggal pembuatan bisa Anda lihat di kotak kemasan. Isinya 10 biji dan biasanya masih dilumuri dengan bubuk bata merah pembuat telur asin. Harga telur asin mentah mulai dari Rp 35.000 per kemasan. Sedangkan telur asin rebus dijual mulai dari Rp 38.000 per kemasan.  

Di sekitar Jalan Diponegoro juga terdapat tempat produksi telur asin khas Brebes. Anda bisa melihat proses pembuatan telur asin. Telur dilumuri dengan bubuk bata merah dan garam untuk menghasilkan telur asin.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.