Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Nikmatnya Menyantap Colenak

Kompas.com - 14/08/2013, 08:37 WIB
Fitri Prawitasari

Penulis

KOMPAS.com - Bandung terkenal dengan beragam kulinernya. Sekali mencoba kulinernya, siapa pun pasti ketagihan untuk datang lagi. Salah satu kuliner unik yang bisa kita temui di Bandung ialah colenak.

Colenak atau yang tenar dengan sebutan tape (dalam bahasa Sunda disebut peyeum) bakar, disajikan dengan siraman gula jawa cair dicampur dengan kelapa yang diserut. Colenak dapat ditemui di beberapa tempat di Bandung. Salah satunya ada di Pasar Lembang, Jalan Raya Lembang.

KOMPAS.COM/FITRI PRAWITASARI Uli bakar dengan sambel oncom.
Dindin, seorang penjual, mengaku menjual colenak secara turun-temurun. Harga yang diberikan untuk sepotong colenak yaitu Rp 5.000. Sebelum disajikan kepada pembeli, colenak berbentuk tape berwarna kuning. Tape dibakar selama sekitar 5 menit atau sesuai permintaan pembeli. Pembeli pun dapat langsung melihat proses pembakaran.

Selain tape, ada juga uli bakar. Uli terbuat dari ketan. Menyantap uli bisa disiram dengan sambel kacang, sambel oncom, ataupun serundeng. Pembeli bisa memilih salah satunya, ataupun bisa dicampur dengan ketiganya.

Menyantap tape atau uli bakar, walaupun hanya sepotong, tetapi lumayan mengenyangkan. Dan pastinya akan ketagihan untuk kembali datang dan membelinya lagi.

KOMPAS.COM/FITRI PRAWITASARI Tape bakar disiram dengan campuran gula jawa cair dan parutan kelapa.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com