Kompas.com - 14/08/2013, 08:37 WIB
|
EditorI Made Asdhiana
KOMPAS.com - Bandung terkenal dengan beragam kulinernya. Sekali mencoba kulinernya, siapa pun pasti ketagihan untuk datang lagi. Salah satu kuliner unik yang bisa kita temui di Bandung ialah colenak.

Colenak atau yang tenar dengan sebutan tape (dalam bahasa Sunda disebut peyeum) bakar, disajikan dengan siraman gula jawa cair dicampur dengan kelapa yang diserut. Colenak dapat ditemui di beberapa tempat di Bandung. Salah satunya ada di Pasar Lembang, Jalan Raya Lembang.

KOMPAS.COM/FITRI PRAWITASARI Uli bakar dengan sambel oncom.
Dindin, seorang penjual, mengaku menjual colenak secara turun-temurun. Harga yang diberikan untuk sepotong colenak yaitu Rp 5.000. Sebelum disajikan kepada pembeli, colenak berbentuk tape berwarna kuning. Tape dibakar selama sekitar 5 menit atau sesuai permintaan pembeli. Pembeli pun dapat langsung melihat proses pembakaran.

Selain tape, ada juga uli bakar. Uli terbuat dari ketan. Menyantap uli bisa disiram dengan sambel kacang, sambel oncom, ataupun serundeng. Pembeli bisa memilih salah satunya, ataupun bisa dicampur dengan ketiganya.

Menyantap tape atau uli bakar, walaupun hanya sepotong, tetapi lumayan mengenyangkan. Dan pastinya akan ketagihan untuk kembali datang dan membelinya lagi.

KOMPAS.COM/FITRI PRAWITASARI Tape bakar disiram dengan campuran gula jawa cair dan parutan kelapa.
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.