Kompas.com - 16/08/2013, 15:14 WIB
Siswi sekolah dasar berlatih menari di sela-sela acara pemberian beasiswa secara simbolik oleh Bank International Indonesia di Wantilan Kertayasa, Desa Bona, Kecamatan Belahbatu, Gianyar, Bali, Sabtu (15/6/2013). KOMPAS IMAGES/KRISTIANTO PURNOMO Siswi sekolah dasar berlatih menari di sela-sela acara pemberian beasiswa secara simbolik oleh Bank International Indonesia di Wantilan Kertayasa, Desa Bona, Kecamatan Belahbatu, Gianyar, Bali, Sabtu (15/6/2013).
EditorI Made Asdhiana
DENPASAR, KOMPAS.com - Wisatawan asal Malaysia yang berlibur ke Bali semakin banyak jumlahnya, sehingga mampu memperbaiki peringkat dari posisi kelima menjadi urutan keempat dari sepuluh negara terbanyak memasok turis ke Pulau Dewata.

"Kunjungan wisatawan Malaysia ke Bali melebihi pelancong asal Singapura, Korea Selatan, Taiwan dan Inggris," kata Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Bali, I Gede Suarsa di Denpasar, Jumat (16/8/2013).

Ia mengatakan, masyarakat Malaysia yang berwisata ke Bali sebanyak 92.410 orang selama periode Januari-Juni 2013, meningkat 11,35 persen dibanding periode yang sama tahun sebelumnya 82.993 orang.

Malaysia mampu memberikan kontribusi sebesar 6,19 persen dari total wisman berkunjung ke Bali sebanyak 1.493.021 orang selama semester pertama 2013, meningkat 6,81 persen dibanding periode yang sama tahun sebelumnya 1,40 juta orang.

Gede Suarsa menambahkan, dari sepuluh negara terbanyak memasok wisman ke Bali, delapan negara di antaranya meningkat signifikan dan hanya dua negara masyarakatnya berkurang ke Pulau Dewata.

Ketujuh negara yang masyarakatnya semakin banyak berlibur ke Pulau Bali selain Malaysia juga Australia meningkat 3,23 persen, menyusul China 15,09 persen dan Jepang 17,83 persen.

KOMPAS IMAGES/KRISTAINTO PURNOMO ILUSTRASI - Wisatawan mengunjungi lokasi wisata Pura Ulu Watu, Bali, Selasa (1/1/2011). Berdasar data Dinas Pariwisata Bali, hingga Agustus 2011 jumlah wisatawan yang berkunjung di Bali mencapai 1.8 juta wisatawan.
Selain itu masyarakat Singapura 14,14 persen, Taiwan 9,05  persen, Amerika Serikat 10,79 persen dan Prancis 0,24 persen. Sedangkan wisatawan dari dua negara yang berkurang ke Bali meliputi Korea Selatan 2,42 persen dan Inggris 5,43 persen.Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



Sumber Antara
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Video Pilihan

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.