Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menparekraf: Target Wisman 2014 Akan Diturunkan

Kompas.com - 17/08/2013, 08:35 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Mari Elka Pangestu mengatakan target optimistis kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) pada 2014 kemungkinan akan diturunkan dari 10 juta orang menjadi hanya 9,5 juta orang.

"Kemungkinan besar kita tidak bisa ambil skenario target 10 juta, mungkin hanya sekitar 9,5 juta," kata Mari setelah acara Keterangan Pers Pemerintah RI tentang Nota Keuangan dan RUU APBN Tahun Anggaran 2014 di Jakarta, Jumat (16/8/2013).

Menurut dia, semua pihak harus realistis dalam hal penetapan target yang disesuaikan dengan kondisi yang terjadi di lapangan.

Tahun depan, dalam RAPBN 2014 Kemenparekraf mengalami pemotongan anggaran meskipun juga mendapatkan alokasi dana optimalisasi sarana dan prasarana pariwisata sebesar Rp 100 miliar. "Tapi tahun depan kita juga masih dalam situasi ketidakpastian global dan perlambatan pertumbuhan ekonomi," katanya.

Kemenparekraf merupakan salah satu kementerian yang pada RAPBN 2014 dipotong anggarannya namun masih akan mendapatkan dana optimalisasi Rp 100 miliar untuk sarana dan prasarana destinasi wisata. "Dana itu akan kami prioritaskan untuk pembangunan di 16 kawasan strategis pariwisata nasional yang sudah kita tetapkan," katanya.

Di 16 kawasan itu, menurut Mari, Kemenparekraf akan mengoptimalkan pembangunan sarana dan prasarana pendukung pariwisata termasuk dermaga agar sektor tersebut mampu menciptakan lebih banyak lapangan kerja baru bagi masyarakat.

KOMPAS IMAGES/RODERICK ADRIAN MOZES Turis asing penumpang kapal MV Discovery berfoto bersama penari saat kapal berkapasitas 500 orang tersebut bersandar di Pelabuhan Yos Sudarso, Ambon, Maluku, Minggu (29/1/2012).
Pada 2013 anggaran Kemenparekraf sebesar Rp 2,5 triliun yang berarti tumbuh rata-rata 14,2 persen per tahun sejak 2008 yang sebesar Rp 1,3 triliun.

Tahun lalu kunjungan wisman mencapai 8 juta orang dan jumlah penerimaan devisa diperkirakan 9,12 miliar dollar AS. Tahun ini ditargetkan jumlah kunjungan wisman naik mencapai 8,5-9 juta orang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Antara

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com