Kompas.com - 18/08/2013, 10:17 WIB
Penulis Tri Wahyuni
|
EditorI Made Asdhiana
KOMPAS.com - Jalan-jalan tidak selalu identik dengan pergi ke mal dan menghabiskan uang. Wisata sejarah adalah salah satu alternatif jalan-jalan yang bisa Anda pilih untuk mengisi waktu luang Anda. Tidak hanya museum, ada juga taman yang bisa dijadikan tempat wisata sejarah, yaitu Tugu Proklamasi.

Hari Kemerdekaan Republik Indonesia tanggal 17 Agustus bisa dijadikan momen yang tepat untuk Anda mengunjungi Tugu Proklamasi. Seperti yang dilakukan Nani. Ia membawa serta suami dan anaknya menunjungi Tugu Proklamasi tepat pada momen perayaan 17-an. “Suasana 17-an biar anak-anak tau aja,” tutur Nani.

Hal yang sama juga dilakukan Ati. Ia membawa dua keponakan perempuannya untuk menyusuri sejarah hari proklamasi. “Pengen tau mengenai teksnya dan pembacaannya di mana,” kata Ati.

Tugu Proklamasi merupakan sebuah taman yang di dalamnya terdapat monumen dan tugu tentang Kemerdekaan Republik Indonesia. Pasalnya pada jaman dulu, tempat ini merupakan area bekas rumah Presiden Soekarno. Di tempat ini jugalah para proklamator membacakan naskah proklamasi di depan rakyat.

Ada tiga monumen yang terdapat di taman ini. Yang paling besar adalah monumen proklamator. Monumen ini terdiri dari patung Bung Karno dan Bung Hatta yang berdiri kokoh dengan latar belakang 17 pilar besar terbuat dari marmer.

KOMPAS/IWAN SETIYAWAN Pekerja mengecat ulang patung Soekarno yang ada di kompleks Tugu Proklamasi, Jakarta, Selasa (5/6/2012).
Di bagian tengah terdapat replika naskah proklamasi berukuran besar. Monumen ini merupakan gambaran kejadian saat kedua proklamator tersebut membacakan naskah proklamasi.

Di seberang Monumen Proklamator terdapat sebuah tugu berwarna putih dengan ukuran tidak terlalu besar. Dulu, tugu itu dibangun untuk memperingati satu tahun berdirinya Republik Indonesia. Di sisi lain dari tugu terdapat naskah proklamasi dan peta Indonesia yang diukir di atas batu.

Sementara itu, Tugu Proklamasi berada di sebelah kiri Monumen Proklamator. Di atas tugu berbentuk bulatan yang menjulang tinggi itu terdapat lambang petir seperti lambang Perusahaan Listrik Negara (PLN). Oleh karena itu ada orang yang menjulukinya tugu petir. Pada badan tugu itu tertulis “Disinilah Dibatjakan Proklamasi Kemerdekaan Indonesia pada tanggal 17 Agustus 1945 djam 10.00 pagi oleh Bung Karno dan Bung Hatta.”

Di area bangunan tugu terdapat pelataran keramik yang luas. Pengunjung bisa duduk-duduk di area tersebut bahkan ada juga yang sampai bermain bola. Di sekelilingnya terdapat taman dengan pohon yang rindang dan rumput yang hijau. Sayangnya, kebersihan taman ini masih kurang terjaga. Ada beberapa sampah yang berserakan dan daun yang berguguran.

KOMPAS.COM/TRI WAHYUNI Monumen Proklamator. Patung kedua proklamator berdiri gagah dan kokoh. Di belakangnya terdapat 17 pilar yang melambangkan tanggal kemerdekaan RI.
Jika Anda lapar, di depan taman terdapat penjaja makanan dan minuman. Ada beberapa warung tenda yang menjajakan beragam makanan. Harganya pun terjangkau. Untuk memasuki taman ini Anda tidak dikenakan biaya. Taman ini buka sejak pukul 06.00 sampai 21.00.
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.