Kompas.com - 18/08/2013, 16:30 WIB
|
EditorI Made Asdhiana
GARUT, KOMPAS.com - Jangan mengaku orang Sunda jika anda tidak tahu makanan ini. Sebut saja galendo, makanan khas dari Ciamis ini yang terbuat dari ampas minyak kelapa atau burayot, makanan khas Garut yang terbuat dari campuran tepung beras, kacang merah dan gula merah.

Sementara untuk kategori lauk pauk ada empoy, sejenis tumisan dari bahan kulit singkong, angeun lompong (sayur daun talas) dan jantung cau (sayur dari jantung pisang) serta banyak lagi makanan khas lainnya seperti deblo, dage, ancemon, ceprot entog dan bongko.

Makanan khas Parahyangan yang mulai dilupakan ini hadir di Bazar Kuliner Sunda Buhun di Garut tepatnya di halaman Kantor Bakorwil IV Jawa Barat, Jl Ahmad Yani Garut. Sayang sekali, Minggu (18/7/2013) sore, adalah hari terakhir Anda bisa menikmatinya.

Menurut penyelenggara, Franz, Sunda Buhun ini bertujuan mengangkat derajat makanan Sunda Tradisional menjadi makanan yang berkelas. "Makanan tradisional ini makin tersisih sekarang. Jadi kami berniat mengangkat harkat darajat kadaharan rakyat," kata Franz.

Alhasil, suasana resto open space dihadirkan sedemikian rupa untuk memikat pengunjung. Terdapat 20 meja bundar dengan masing-masing kursi lima buah.

Untuk menambah suasana romantis, puluhan lampion unik khas sunda bernuansa merah putih pun dipasang. Uniknya, lampion sunda ini bentuknya adalah sasarangan (kurungan) burung dan sasarangan ayam.

Suasana yang cantik ditambah udara Garut yang dingin sangat cocok untuk menikmati wedang sekoteng. Sekoteng sunda ini berbeda dengan yang ada di Jawa. Kuahnya ditambah santan segar, serutan kelapa dan bubur mutiara yang kenyal. Sekoteng disajikan dalam sebuah batok kelapa sehingga menambah aroma dan rasa yang khas.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.