Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Atraksi Kesenian Sambut Peserta Lomba Layar Darwin-Ambon

Kompas.com - 20/08/2013, 16:41 WIB
AMBON, KOMPAS.com - Pemerintah Kota Ambon menyiapkan acara penyambutan peserta Lomba Layar Darwin (Australia) - Ambon (Maluku) pada 23 Agustus 2013.

"Acara penyambutan peserta lomba perahu layar akan dilaksanakan di Lapangan Negeri Amahusu Ambon yang melibatkan para peserta dan warga kota Ambon," kata Wakil Wali Kota Ambon, Sam Latuconsina, di Ambon, Selasa (20/8/2013).

Menurut Sam, pada acara penyambutan peserta Lomba Layar Darwin-Ambon akan ditampilkan atraksi kesenian dan kuliner khas Maluku.

"Acara penyambutan tidak berbeda dari tahun sebelumnya yakni disuguhkan kesenian dan acara makan patita (makan bersama) yang melibatkan peserta lomba, tim pendukung dan warga kota Ambon," ujarnya.

Sam mengatakan, berbagai kegiatan juga akan digelar selama peserta lomba perahu layar berada di Ambon seperti pentas budaya dan jamuan makan malam.

"Pentas budaya akan dilaksanakan di Desa Amahusu, sedangkan jamuan makan malam digelar di kediaman Wali Kota Ambon Richard Louhenapessy.

Selain acara penyambutan juga akan digelar pertandingan persahabatan "friendly games" dan pesta rakyat di Desa Amahusu dan Latuhalat, Kecamatan Nusaniwe pada 24 Agustus 2013. Kegiatan ini dilaksanakan guna memupuk persaudaraan dan kekeluargaan antara para peserta dengan masyarakat Desa Amahusu.

"Kegiatan olahraga yang digelar di antaranya permainan tradisional tarompah panjang, tarik tambang, voli pantai serta atraksi bambu gila," ujarnya.

Sedangkan pada 25 Agustus 2013 akan digelar penyerahan penghargaan kepada pemenang Lomba Layar Darwin-Ambon 2013.

Penyelenggaraan Lomba Layar Darwin-Ambon 2013 didukung oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf), Pemkot Ambon, dan Dinah Beach Cruising Yacht Association Incorporated, Pemerintah Northern Territory dan Dewan Kota Darwin.

KOMPAS IMAGES/KRISTIANTO PURNOMO Patung pahlawan nasional Martha Christina Tiahahu di Karang Panjang, Kecamatan Sirimau, Kota Ambon, Maluku, Senin (25/6/2012).
Juara umum Lomba Layar Darwin-Ambon 2013 akan memperoleh trophy Menparekraf Mari Elka Pangestu. Sementara juara pertama kategori Racing Monohull (IRC) akan memperoleh trophy dari The Darwin City Council.

"Kami juga menyediakan hadiah kepada pemenang Lomba Layar Darwin-Ambon berupa uang sebesar Rp 100 juta. Sedangkan juara kedua dan tiga masing-masing kategori juga akan memperoleh trophy," kata Sam Latuconsina. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Antara
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com