Atraksi Kesenian Sambut Peserta Lomba Layar Darwin-Ambon

Kompas.com - 20/08/2013, 16:41 WIB
Tari Bambu Gila dari Maluku. BARRY KUSUMATari Bambu Gila dari Maluku.
EditorI Made Asdhiana
AMBON, KOMPAS.com - Pemerintah Kota Ambon menyiapkan acara penyambutan peserta Lomba Layar Darwin (Australia) - Ambon (Maluku) pada 23 Agustus 2013.

"Acara penyambutan peserta lomba perahu layar akan dilaksanakan di Lapangan Negeri Amahusu Ambon yang melibatkan para peserta dan warga kota Ambon," kata Wakil Wali Kota Ambon, Sam Latuconsina, di Ambon, Selasa (20/8/2013).

Menurut Sam, pada acara penyambutan peserta Lomba Layar Darwin-Ambon akan ditampilkan atraksi kesenian dan kuliner khas Maluku.

"Acara penyambutan tidak berbeda dari tahun sebelumnya yakni disuguhkan kesenian dan acara makan patita (makan bersama) yang melibatkan peserta lomba, tim pendukung dan warga kota Ambon," ujarnya.

Sam mengatakan, berbagai kegiatan juga akan digelar selama peserta lomba perahu layar berada di Ambon seperti pentas budaya dan jamuan makan malam.

"Pentas budaya akan dilaksanakan di Desa Amahusu, sedangkan jamuan makan malam digelar di kediaman Wali Kota Ambon Richard Louhenapessy.

Selain acara penyambutan juga akan digelar pertandingan persahabatan "friendly games" dan pesta rakyat di Desa Amahusu dan Latuhalat, Kecamatan Nusaniwe pada 24 Agustus 2013. Kegiatan ini dilaksanakan guna memupuk persaudaraan dan kekeluargaan antara para peserta dengan masyarakat Desa Amahusu.

"Kegiatan olahraga yang digelar di antaranya permainan tradisional tarompah panjang, tarik tambang, voli pantai serta atraksi bambu gila," ujarnya.

Sedangkan pada 25 Agustus 2013 akan digelar penyerahan penghargaan kepada pemenang Lomba Layar Darwin-Ambon 2013.

Penyelenggaraan Lomba Layar Darwin-Ambon 2013 didukung oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf), Pemkot Ambon, dan Dinah Beach Cruising Yacht Association Incorporated, Pemerintah Northern Territory dan Dewan Kota Darwin.

KOMPAS IMAGES/KRISTIANTO PURNOMO Patung pahlawan nasional Martha Christina Tiahahu di Karang Panjang, Kecamatan Sirimau, Kota Ambon, Maluku, Senin (25/6/2012).
Juara umum Lomba Layar Darwin-Ambon 2013 akan memperoleh trophy Menparekraf Mari Elka Pangestu. Sementara juara pertama kategori Racing Monohull (IRC) akan memperoleh trophy dari The Darwin City Council.

"Kami juga menyediakan hadiah kepada pemenang Lomba Layar Darwin-Ambon berupa uang sebesar Rp 100 juta. Sedangkan juara kedua dan tiga masing-masing kategori juga akan memperoleh trophy," kata Sam Latuconsina. 



Sumber Antara
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X