Pantai Pulang Sawal, Pantai Terbersih di Pulau Jawa

Kompas.com - 21/08/2013, 10:48 WIB
Pantai Pulang Sawal atau dikenal sebagai Pantai Indrayanti terletak di kawasan pantai Sundak, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunungkidul, Provinsi DIY. BARRY KUSUMAPantai Pulang Sawal atau dikenal sebagai Pantai Indrayanti terletak di kawasan pantai Sundak, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunungkidul, Provinsi DIY.
EditorI Made Asdhiana
KOMPAS.com - Yogyakarta merupakan salah satu destinasi favorit saya, karena merupakan "paket lengkap" dan semua ada di sini. Selain dikenal sebagai wisata budaya, ternyata Yogyakarta punya segudang pantai-pantai indah di daerah Gunung Kidul.

Tidak hanya satu tapi ada banyak pantai yang terdapat di kawasan ini. Setiap pantai punya ciri-ciri yang unik antara satu dengan pantai lainnya.

Pantai Pulang Sawal atau yang populer dengan Pantai Indrayanti terletak di kawasan pantai Sundak, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunungkidul.

Pantai berpasir putih yang menghampar dari Timur hingga Barat ini terbilang baru dan cukup indah. Selain indah, kawasan pantai ini cukup bersih, termasuk penginapannya yang terbilang mahal di kawasan ini. Yang menarik dan patut ditiru oleh kawasan pantai lain di Indonesia karena pengelola pantai ini mengenakan denda pada setiap pengunjung apabila ketahuan membuang sampah sembarangan.

Wisatawan bisa bermain di tepi pantai dan menikmati deburan ombak atau bisa juga berjemur. Aktivitas lainnya adalah menikmati watersport seperti jetski yang disediakan untuk pengunjung.

Di bagian Barat dari pintu masuk pantai, terdapat gunungan batu karang yang cukup besar dan elok. Di balik batu karang tersebut terdapat pantai berpasir putih yang cukup luas.

Yang saya suka di sini adalah pengunjung dapat beristirahat di gazebo yang ada di tepi pantai sembari menikmati hidangan makanan ditemani minuman dingin yang menyejukkan.

BARRY KUSUMA Pantai Pulang Sawal terletak di kawasan pantai Sundak, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunungkidul, Provinsi DIY.
Pengelola pantai juga menyediakan tempat penginapan untuk rombongan atau keluarga, sehingga para pengunjung bisa beristirahat di kawasan pantai tersebut sambil menikmati malam di pantai.

Dengan pengelolaan pantai yang baik tidak salah Pantai Pulang Sawal merupakan pantai terbersih di Pulau Jawa. (BARRY KUSUMA)



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X