Jika Tak Kreatif, Wisatawan Enggan ke Semarang

Kompas.com - 22/08/2013, 11:46 WIB
Pasangan turis dari Belanda memanfaatkan waktu singgah kapal pesiar yang membawa mereka dengan berjalan-jalan di Kawasan Kota Lama, Kota Semarang, Jawa Tengah, Jumat (6/1/2012). KOMPAS/P RADITYA MAHENDRA YASAPasangan turis dari Belanda memanfaatkan waktu singgah kapal pesiar yang membawa mereka dengan berjalan-jalan di Kawasan Kota Lama, Kota Semarang, Jawa Tengah, Jumat (6/1/2012).
EditorI Made Asdhiana
SEMARANG, KOMPAS - Pengamat pariwisata dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Katolik Soegijapranata, Semarang, A Haryo Perwito, mengingatkan, obyek wisata di Semarang akan ditinggal pengunjung apabila tidak dikelola secara kreatif.

Kemajuan infrastruktur, seperti Bandara Ahmad Yani dan jalan tol Semarang-Solo, justru mendorong peningkatan kunjungan wisatawan ke Solo, Yogyakarta, dan daerah lain di luar Semarang.

”Jika jalan tol Semarang-Solo selesai, perjalanan ke Solo dari Semarang hanya 1 jam. Tentu banyak orang lebih memilih berwisata ke Solo yang menyajikan wisata kuliner dan obyek wisata yang lebih menarik ketimbang Semarang,” paparnya di Semarang Senin (19/8/2013).

Menurut Haryo, Semarang belum memiliki obyek wisata yang membanggakan. Semarang pun hanya menjadi kota transit.

”Kalau ditilik dari sejarahnya, Kota Semarang layaknya fokus pada wisata nostalgia,” katanya..

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X