Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menikmati Birunya Laut Kepulauan Seribu

Kompas.com - 25/08/2013, 13:54 WIB
Berkali-kali Shumaila (10) menceburkan diri ke laut meski sudah diperingatkan segera naik perahu. ”Terumbu karangnya bagus banget,” kata siswi yang baru naik kelas IV SD itu saat snorkeling di perairan Pulau Air, Kepulauan Seribu, DKI Jakarta.

Bahkan, hingga malam hari, Shumaila masih belum bisa melupakan pengalamannya melihat langsung keindahan terumbu karang. ”Teringat-ingat terus terumbu karang dan ikan-ikan. Indah sekali,” katanya.

Shumaila sulit melupakan kejernihan air laut Kepulauan Seribu yang sedemikian bening sampai bisa melihat hingga dasar pantai. Keanekaragaman hayati yang kaya terumbu karang, ikan warna-warni, dan penyu membuat gadis kecil ini serasa berlibur tidak di Jakarta.

Shumaila sedang menikmati liburan bersama ibu, tante, sepupu, dan neneknya di Pulau Tidung, salah satu gugusan di Kepulauan Seribu. Liburan tiga hari dua malam itu dirasa belum cukup.

Pilihan wisata

Obyek wisata Kepulauan Seribu, yang merupakan gugusan pulau-pulau kecil, berjarak tempuh 1-2 jam dari Jakarta Utara. Namun, harus diakui, sarana wisatanya masih terbatas.

Namun, tenang saja, warga penyedia jasa wisata di Kepulauan Seribu mempunyai paket wisata yang lengkap, mulai dari akomodasi, makanan, hingga kegiatan di sana.

Untuk paket dua hari satu malam biayanya Rp 350.000-Rp 500.000 per orang. Paket tiga hari dua malam Rp 450.000-Rp 600.000 per orang.

KOMPAS IMAGES/FIKRIA HIDAYAT Wisatawan melintasi Jembatan Cinta sepanjang 800 meter yang menghubungkan Pulau Tidung Besar dan Pulau Tidung Kecil, di Kepulauan Seribu, Sabtu (14/5/2011). Pulau ini kian dikenal sebagai salah satu destinasi wisata bahari. Pada hari libur, pulau yang memiliki lebar sekitar 200 meter dan panjang hanya 5 kilometer, ini ramai dikunjungi wisatawan.
Shumaila dan keluarga memilih paket wisata tiga hari dua malam. Obyek tujuannya ialah Pulau Tidung dan Pulau Pramuka. Biaya yang dikeluarkan keluarga Shumaila sudah mencakup biaya perjalanan pergi-pulang Jakarta-Pulau Tidung, paket kegiatan, makanan, dan pemondokan yang menghadap laut.

Nah, jika mengikuti paket wisata yang disediakan warga itu, perjalanan dari Jakarta ke Pulau Tidung ditempuh dengan menumpang kapal kayu tradisional. Waktu tempuhnya sekitar dua jam dari Pelabuhan Muara Angke, Jakarta Utara. Kapal ini bisa mengangkut sampai 200 orang dan bisa disewa.

Jika ingin memangkas waktu, naiklah kapal cepat dari Pelabuhan Kaliadem atau Muara Angke. Ongkosnya Rp 60.000 per orang. Pelabuhan ini dekat dengan dermaga tradisional.

Pelabuhan Muara Angke kurang nyaman bagi wisatawan. Seluruh permukaan lantainya basah karena pelabuhan itu digunakan pula untuk pendaratan ikan. Tidak ada kursi bagi penumpang untuk menunggu kapal selain bangku-bangku yang disediakan di warung kopi. Namun, kekurangan itu akan terbayar setiba di Pulau Tidung dengan kejernihan air laut hingga ke dasar pantai serta udara yang sejuk dan tiada polusi.

Banyak kemajuan

Dalam tiga tahun terakhir, wisata bahari Kepulauan Seribu dikembangkan warga setempat. Ada banyak kemajuan. Penginapan bukan lagi hanya kamar-kamar di rumah warga, melainkan juga cottage dan hotel sehingga lebih nyaman bagi wisatawan yang menginginkan privasi.

KOMPAS IMAGES/FIKRIA HIDAYAT Wisatawan mandi dan bermain di jembatan yang menghubungkan Pulau Tidung Besar dan Pulau Tidung Kecil, di Kepulauan Seribu, Sabtu (14/5/2011). Pulau ini kian dikenal sebagai salah satu destinasi wisata bahari. Pada hari libur, pulau yang memiliki lebar sekitar 200 meter dan panjang hanya 5 kilometer, ini ramai dikunjungi wisatawan.
Jika sudah tiba di lokasi, tak perlu terburu-buru menikmati wisata laut. Beristirahatlah sejenak di penginapan. Setelah itu, mulailah petualangan.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com