Menikmati Birunya Laut Kepulauan Seribu

Kompas.com - 25/08/2013, 13:54 WIB
Seorang wisatawan menikmati terumbu karang dengan 'snorkeling' atau selam dangkal yang terdapat di kawasan perairan Pulau Pari, Kepulauan Seribu, Jakarta, Minggu (26/6/2011). Pulau Pari merupakan bagian dari 12 pulau dari kelurahan Pari yang berpenghuni 789 jiwa dengan mata pencarian 90 persen sebagai nelayan. Pulau tersebut juga menawarkan potensi keindahan alam bahari seperti pantai pasir putih dan terumbu karang. KOMPAS IMAGES/BANAR FIL ARDHISeorang wisatawan menikmati terumbu karang dengan 'snorkeling' atau selam dangkal yang terdapat di kawasan perairan Pulau Pari, Kepulauan Seribu, Jakarta, Minggu (26/6/2011). Pulau Pari merupakan bagian dari 12 pulau dari kelurahan Pari yang berpenghuni 789 jiwa dengan mata pencarian 90 persen sebagai nelayan. Pulau tersebut juga menawarkan potensi keindahan alam bahari seperti pantai pasir putih dan terumbu karang.
EditorI Made Asdhiana
Berkali-kali Shumaila (10) menceburkan diri ke laut meski sudah diperingatkan segera naik perahu. ”Terumbu karangnya bagus banget,” kata siswi yang baru naik kelas IV SD itu saat snorkeling di perairan Pulau Air, Kepulauan Seribu, DKI Jakarta.

Bahkan, hingga malam hari, Shumaila masih belum bisa melupakan pengalamannya melihat langsung keindahan terumbu karang. ”Teringat-ingat terus terumbu karang dan ikan-ikan. Indah sekali,” katanya.

Shumaila sulit melupakan kejernihan air laut Kepulauan Seribu yang sedemikian bening sampai bisa melihat hingga dasar pantai. Keanekaragaman hayati yang kaya terumbu karang, ikan warna-warni, dan penyu membuat gadis kecil ini serasa berlibur tidak di Jakarta.

Shumaila sedang menikmati liburan bersama ibu, tante, sepupu, dan neneknya di Pulau Tidung, salah satu gugusan di Kepulauan Seribu. Liburan tiga hari dua malam itu dirasa belum cukup.

Pilihan wisata

Obyek wisata Kepulauan Seribu, yang merupakan gugusan pulau-pulau kecil, berjarak tempuh 1-2 jam dari Jakarta Utara. Namun, harus diakui, sarana wisatanya masih terbatas.

Namun, tenang saja, warga penyedia jasa wisata di Kepulauan Seribu mempunyai paket wisata yang lengkap, mulai dari akomodasi, makanan, hingga kegiatan di sana.

Untuk paket dua hari satu malam biayanya Rp 350.000-Rp 500.000 per orang. Paket tiga hari dua malam Rp 450.000-Rp 600.000 per orang.

KOMPAS IMAGES/FIKRIA HIDAYAT Wisatawan melintasi Jembatan Cinta sepanjang 800 meter yang menghubungkan Pulau Tidung Besar dan Pulau Tidung Kecil, di Kepulauan Seribu, Sabtu (14/5/2011). Pulau ini kian dikenal sebagai salah satu destinasi wisata bahari. Pada hari libur, pulau yang memiliki lebar sekitar 200 meter dan panjang hanya 5 kilometer, ini ramai dikunjungi wisatawan.
Shumaila dan keluarga memilih paket wisata tiga hari dua malam. Obyek tujuannya ialah Pulau Tidung dan Pulau Pramuka. Biaya yang dikeluarkan keluarga Shumaila sudah mencakup biaya perjalanan pergi-pulang Jakarta-Pulau Tidung, paket kegiatan, makanan, dan pemondokan yang menghadap laut.

Nah, jika mengikuti paket wisata yang disediakan warga itu, perjalanan dari Jakarta ke Pulau Tidung ditempuh dengan menumpang kapal kayu tradisional. Waktu tempuhnya sekitar dua jam dari Pelabuhan Muara Angke, Jakarta Utara. Kapal ini bisa mengangkut sampai 200 orang dan bisa disewa.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X