Kompas.com - 27/08/2013, 09:15 WIB
EditorI Made Asdhiana
JAKARTA, KOMPAS.com - Pelaksanaan Sail Komodo 2013 sangat bermanfaat untuk mengembangkan rute pelayaran kapal yacht dan rute wisata lainnya di kawasan perairan Indonesia.

"Salah satu tujuan penyelenggaraan Sail Komodo adalah mengembangkan rute pelayaran kapal-kapal yacht dunia ke perairan Indonesia," kata Sekretaris Dewan Kelautan Indonesia (Dekin) Dedy Sutisna dalam keterangan tertulis di Jakarta, Senin (26/8/2013).

Dedy memaparkan yacht rally di Sail Komodo 2013 melibatkan sebanyak tiga operator dengan rute yang berbeda-beda, yaitu Asosiasi Sail Wisata Indonesia (Aswindo) sebanyak 121 yacht, "Back to Down Under Rally" sebanyak 30 yacht, dan "Darwin Ambon Yacht Race" sebanyak 18 yacht.

Aswindo yang mengusul sail mengambil rute Saumlaki, Banda, Wakatobi, Buton Utara, Bombana, Takabonerate, Lombok Utara, Kumai, Karimun Jawa, Manggar, Bangka Tengah, Kupang, Wini, Belu, Alor, Lewoleba, Larantuka, Maumere, Riung, Nagekeo, Rote Ndao, Sabu Raijua, Waingapu, Waikelo, Mborong, dan Labuan Bajo.

Sementara itu, Darwin Ambon Yacht Race berlayar dari Ambon, Banda, Saumlaki, Tual, Ternate, Bitung, Makassar, Buton, Labuan Bajo, dan berakhir di Bali.

Back to Down Under Rally berlayar dengan rute Saumlaki, Kupang, Tanjung Bastian, Kalabahi, Lowoleba, Larantuka, Maumere, Maumere, Mausambi, Riung, Labuan Bajo, TTU, Alor, Lembata, East Flores, Sikka, Ende, Ngada, dan Manggarai Barat.

Yacht rally diawali di Kupang, 4 Agustus 2013 dilanjutkan dengan penjelajahan perairan Indonesia oleh para peserta hingga berakhir di Labuan Bajo pada 14 September 2013 untuk mengikuti sailing pass pada puncak acara Sail Komodo.

KOMPAS.COM/I MADE ASDHIANA Dermaga di Pulau Komodo, Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur.
Menteri Kelautan dan Perikanan Sharif Cicip Sutardjo menjelaskan puncak acara Sail Komodo 2013 akan dilaksanakan pada tanggal 14 September 2013 di Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, NTT.

Untuk menunjang seluruh kegiatan Sail Komodo 2013, semua kementerian/lembaga yang menjadi anggota panitia mengalokasikan anggaran sesuai dengan kegiatannya masing-masing. Penyelenggaraan Sail Wakatobi-Belitong 2011 menghabiskan dana sekitar Rp 60 miliar, sedangkan Sail Morotai 2012 sekitar Rp 80 miliar.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber Antara


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.