Sanur Village Festival Tampilkan Kesenian Inovatif

Kompas.com - 27/08/2013, 15:57 WIB
Pantai Sanur, Denpasar, Bali. KOMPAS IMAGES/FIKRIA HIDAYATPantai Sanur, Denpasar, Bali.
EditorI Made Asdhiana
DENPASAR, KOMPAS.com - Panitia Sanur Village Festival (SVF) terus melakukan langkah inovatif dalam upaya menampilkan seni budaya masyarakat Sanur, Kota Denpasar.

"Kegiatan tahunan tersebut harus mampu menampilkan inovasi-inovasi seni budaya, namun tetap dalam tatanan (pakem) budaya setempat," kata Ketua Pembina Yayasan Pembangunan Sanur, Ida Bagus Gede Udiyana di Denpasar, Selasa (27/8/2013).

Ia mengatakan setiap ajang SVF selalu mengacu pada tema yang diangkat setiap tahunnya, sehingga arah kegiatan tersebut fokus untuk mengangkat potensi seni budaya masyarakat Sanur.

"Tema kegiatan itu yang menjadi acuan untuk pelaksanaan setiap acara, sehingga kesenian yang ditampilkan juga beragam," kata Udiyana yang juga anggota Komisi III DPRD Bali.

Menurut dia, panitia dengan masyarakat Sanur sudah melakukan berbagai upaya inovatif. Hal itu agar menarik bagi masyarakat dan wisatawan yang kebetulan berlibur di Pulau Dewata.

"Sanur adalah salah satu ikon pariwisata Bali, karena itu masyarakat setempat harus berupaya menggali seni budaya agar tetap lestari," ujarnya.

Karena dengan langkah itu, lanjut Udiyana, seni budaya masyarakat Sanur yang telah diwariskan kepada generasi muda mampu dipertahankan.

"Tujuan dari SVF yang digelar 24-28 September 2013 untuk menampilkan seni budaya masyarakat setempat, sehingga kegairahan pariwisata, seni budaya yang ada di Sanur juga menjadi penopang sektor tersebut," katanya.

Menyinggung perkembangan pariwisata Sanur, menurut Udiyana, saat ini cukup maju karena lokasinya strategis. "Lokasi obyek wisata Sanur cukup strategis, karena dari arah Kuta menuju obyek wisata di kawasan timur pasti akan melewati Sanur. Dan hotel-hotel di Sanur didominasi wisatawan berumur," kata Udiyana.

Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di artikel ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini!


Sumber Antara
Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di bawah ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X