Kompas.com - 28/08/2013, 18:46 WIB
EditorI Made Asdhiana
JAKARTA, KOMPAS.com - TNI Angkatan Laut menurunkan empat unit kapal perang (KRI), jenis Landing Platfrom Dock guna mendukung kegiatan Sail Komodo 2013.

Menko Kesra Agung Laksono secara resmi telah melepas empat KRI itu yakni KRI Makassar-590, KRI dr. Suharso-990, KRI Banda Aceh-593 dan KRI Surabaya-591, yang dikemas dalam suatu upacara militer di Jakarta International Container Terminal (JICT) II Tanjung Priok, Jakarta Utara, Rabu (28/8/2013).

Dansatgaspen Sail Komodo 2013, Kolonel Marinir Bambang Hullianto, menjelaskan, Menko Kesra beserta para undangan meninjau seluruh KRI seusai upcara. Rencananya, KRI Makassar-590 akan digunakan untuk mendukung kegiatan Lintas Nusantara Remaja dan Pemuda Bahari IV  (LNRPB IV).

Sedangkan Kapal Pemuda Nusantara (KPN) KRI dr. Suharso-990 untuk melaksanakan operasi bakti sosial dan pelayanan kesehatan Surya Bhaskara Jaya (SBJ) LXII. KRI Banda Aceh-593 untuk mendukung kegiatan Bakti Kesra Nusantara (Bakesra), dan KRI Surabaya-591 untuk mendukung Pelayaran Lingkar Nusantara (Pelantara).

Sail Komodo 2013 yang akan berlangsung mulai 28 Agustus hingga 19 September 2013 merupakan kegiatan internasional yang mempunyai tujuan untuk meningkatkan perekonomian daerah terutama melalui sektor pariwisata bahari.

Kegiatan ini menjadi momentum untuk memajukan wisata bahari di Tanah Air menjadi destinasi utama wisata dunia dengan mengangkat tema, "Sail komodo 2013: Jembatan Emas Menuju Nusa Tenggara Timur Menjadi Destinasi Utama Pariwisata Dunia."

KOMPAS IMAGES/RODERICK ADRIAN MOZES Sejumlah kapal berlabuh di Labuan Bajo, Manggarai Barat, Flores, Nusa Tenggara Barat, Senin (4/6/2012). Dari sinilah para wisatawan akan dibawa menggunakan kapal menuju sejumlah pulau yang menjadi habitat alami satwa endemik Komodo, seperti Pulau Rinca, Pulau Komodo, Nusa Kode, dan Gili Motang.
Seluruh kegiatan merupakan komitmen pemerintah untuk menjadikan Nusa Tenggara Timur (NTT) menjadi salah satu destinasi utama wisata dunia. Kegiatan internasional ini dimulai dengan penyelenggaraan Sail Bunaken 2009, Sail Banda 2010, Sail Wakatobi-Belitong 2011, dan Sail Morotai 2012.

Kegiatan Sail Komodo 2013 sangat efektif mempromosikan wilayah NTT dan sekitarnya sebagai tujuan wisata nasional dan internasional, apalagi Taman Nasional Komodo merupakan salah satu situs warisan dunia yang telah ditetapkan UNESCO pada 19 Desember 1991.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber Antara
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.