Merpati Ulang Tahun, Tiga Lomba Digelar

Kompas.com - 30/08/2013, 19:36 WIB
BARRY KUSUMA Pesawat Merpati Nusantara di Merauke, Papua.
JAKARTA, KOMPAS.com - Maskapai penerbangan Merpati mencapai usia 51 tahun pada September 2013. Untuk memperingati ulang tahun tersebut Merpati mengajak masyarakat berpartisipasi. "Salah satunya adalah lomba mendesain stiker Merpati yang nantinya dapat dipasang di setiap kendaraan dan indah dipandang," kata Vice President Corporate Secretary Merpati, Riswanto CP, di Jakarta Jumat (30/8/2013).

Riswanto menjelaskan, dipilihnya kegiatan lomba desain stiker dilatarbelakangi bahwa bangsa Indonesia dikenal sebagai bangsa yang punya nilai dan jiwa seni yang tinggi.

"Jiwa dan nilai seni yang tinggi itu diwujudkan antara lain lewat gambar dan berbagai desain stiker. Salah satu gambar yang paling sering terlihat adalah bentuk dan desain stiker yang sering terpasang di berbagai mobil dan permukaan atau wadah lainnya," katanya.

Lomba lainnya yang diselenggarakan Merpati adalah lomba fotografi yang  menonjolkan nilai-nilai kemanusiaan. Selain itu Merpati juga mengadakan lomba pembuatan video ucapan selamat ulang tahun dari masyarakat untuk Merpati. "Video harus orisinil dan tidak pernah diikutsertakan dalam berbagai lomba yang sama di tempat lain," kata Riswanto.

Dipilihnya lomba fotografi, menurut Riswanto, karena selama ini Merpati sudah menjalin kerja sama dengan beberapa kelompok pencinta fotografi.

"Peserta Lomba tidak harus masuk atau terdaftar dalam salah satu kelompok masyarakat pencinta seni fotografi, melainkan mereka yang masih bekerja maupun menjalankan hobinya sendiri sendiri pun kami persilahkan untuk ikut serta,” papar Riswanto.

Sementara lomba pembuatan video didasarkan atas maraknya kegiatan citizen journalism, di mana masyarakat secara mandiri membuat berita dari berbagai peristiwa penting lalu disebarluaskan lewat berbagai media massa.

KOMPAS.COM/I MADE ASDHIANA Pesawat Merpati di Bandara Ngurah Rai, Bali.
Riswanto melanjutkan, pengiriman karya dari masyarakat untuk lomba ditutup pada 4 September 2013. Sementara penilaian dari berbagai karya masyarakat yang masuk, baik lomba desain stiker, lomba fotografi maupun lomba video akan dilakukan mulai 6 September 2013.

“Setiap kategori lomba akan kami pilih tiga pemenang. Setiap pemenang akan memperoleh tiket penerbangan Merpati dalam negeri ke tujuan yang akan ditentukan sendiri oleh para pemenangnya, asalkan tujuan tersebut memang dilayani oleh Merpati,” tambah Riswanto. (*)

Punya opini tentang artikel yang baru Kamu baca? Tulis pendapat Kamu di Bagian Komentar!


EditorI Made Asdhiana
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Terkini Lainnya

Close Ads X