Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sambut Wisatawan, Festival Banyuwangi Digelar

Kompas.com - 02/09/2013, 15:44 WIB
Fitri Prawitasari

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Berada di ujung timur Pulau Jawa, Banyuwangi menyajikan ragam festival mengangkat potensi wisata. Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas, mengatakan berbeda dengan festival lain yang ada di Indonesia, Festival Banyuwangi merupakan rangkaian acara selama empat bulan berturut-turut selama September hingga Desember 2013.

"Apa bedanya Festival Banyuwangi kali ini? Festival di kabupaten lain mungkin satu bulan tapi Banyuwangi kita mendesain dari September sampai Desember," ujar Azwar dalam konferensi pers Festival Banyuwangi di Jakarta, Senin (2/9/2013).

Pelaksanaan selama empat bulan tersebut, lanjut Azwar merupakan salah satu cara menyiasati supaya tingkat kunjungan bulanan wisatawan yang datang ke Banyuwangi tetap konsisten setiap bulannya.

Adapun perhelatan Festival Banyuwangi tersebut menyajikan konsep kombinasi mulai dari etnik mengangkat kebudayaan daerah, fashion, juga religi.

"Konsep Festival Banyuwangi kita gabungkan etnik budaya dan segmented. Misalnya kita sajikan wayang untuk melestarikan budaya daerah. Yang anak muda kita sajikan musik jazz," kata Azwar.

Festival Banyuwangi 2013 merupakan perhelatan kedua setelah yang pertama digelar tahun 2012. Adapun yang berbeda pada kegiatan tahun ini adalah adanya Festival Batik Banyuwangi pada akhir September.

"Tahun lalu tak ada batik, sekarang ada Festival Batik karena kita ingin mengembangkan industri batik," ujar Azwar.

KOMPAS/HERU SRI KUMORO Penari membawakan tari gandrung di Sanggar Sekar Jagad, Dusun Cungking, Desa Mojopanggung, Kecamatan Giri, Banyuwangi, Jumat (7/1/2011). Tari gandrung merupakan salah satu tarian khas Banyuwangi.
Rangkaian Festival Banyuwangi dibuka dengan pelaksanaan Banyuwangi Ethno Carnival (BEC) yang dimulai 7 September. Acara ini terdiri dari 15 kegiatan hingga akhir tahun 2013. Rentetan kegiatan tersebut adalah Banyuwangi Batik Festival, Pergelaran Kyai Kanjeng, Banyuwangi Tour de Ijen, Banyuwangi Tenis Junior, Pergelaran Wayang Kulit Ki Manteb.

Selanjutnya, Festival Anak Yatim, Banyuwangi Jazz Beach Festival, Paju Gandrung Sewu, International Powercross Championship, Pameran Pembangunan dan Festival Kuliner, Festival Kuwung, Malam Puncak HUT Banyuwangi, dan Renungan Akhir Tahun.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com