Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Festival Legian Digelar untuk Promosi Pariwisata

Kompas.com - 05/09/2013, 13:43 WIB
LEGIAN, KOMPAS.com - Festival Legian Ke-7 di Kabupaten Badung yang merupakan acara tahunan, yang digelar pada 5-8 September 2013 bertujuan mempromosikan pariwisata yang ada di Pulau Dewata.

"Sejak pertama digelar festival tersebut hingga saat ini sudah menunjukkan dampak yang positif bagi kemajuan pariwisata di Bali dan beberapa daerah di Indonesia yang ikut serta dalam kegiatan itu," kata Ketua Panitia Festival Legian, Nyoman Sarjana di Legian, Kabupaten Badung, Bali, Rabu (4/9/2013).

Menurut dia, banyak pengusaha yang sudah merasakan dampak positif saat ikut serta dalam pameran sebelumnya dan pada festival ke-7 mereka sudah memesan anjungan jauh-jauh hari agar mereka tidak kehabisan tempat.

Bahkan ada masing-masing pengusaha ada yang sudah membeli lima hingga tujuh anjungan dari 102 anjungan yang disediakan panitia.

Namun, bagi peserta dari luar Bali pihaknya membatasi satu anjungan untuk satu peserta. "Hal itu dilakukan untuk memberikan jatah bagi para perajin lokal agar lebih leluasa mempromosikan hasil kerajinannya," ujar.

Menurut Sarjana, dalam festival tersebut juga akan menampilkan berbagai hasil kesenian masyarakat Bali, mulai dari tradisonal hingga yang modern.

Selain itu, beberapa perajin dan seniman dari luar Bali seperti DIY Yogyakarta, Makassar, Jakarta, dan Palu juga akan tampil saat festival tersebut.

Tujuan pelaksanaan Festival Legian bukan hanya ingin mendapatkan keuntungan semata, tetapi untuk hiburan sekaligus mempromosikan pariwisata Bali di kancah dunia internasional.

Sarjana mengakui bahwa dalam pelaksanaannya selama ini masih banyak kekurangan dan jauh dari sempurnya. "Saya berharap masyarakat terus memberikan masukan untuk menyukseskan dan menjadikannya lebih baik dalam setiap pergelaran," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Antara
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com