Turis ke Indonesia Pilih Penerbangan Hemat dan Hotel Bintang Empat

Kompas.com - 06/09/2013, 09:43 WIB
|
EditorI Made Asdhiana
JAKARTA, KOMPAS.com - Wisatawan mancanegara yang datang ke Indonesia cenderung memilih penerbangan hemat, namun lebih memilih mengalokasikan anggaran pada hotel bintang empat atau di atasnya. Indonesia menjadi destinasi favorit dengan pengunjung dari Malaysia (22 persen), Singapura (21 persen), dan Australia (20 persen).

Para wisman beralasan mengunjungi Indonesia karena "good value for money" (48 persen) dan sesuai dengan anggaran biaya (41 persen). Selain itu, cuaca bagus dan pemandangan alam yang indah juga jadi alasan.

"Sektor pariwisata memberikan kontribusi yang signifikan bagi pertumbuhan ekonomi suatu negara. Inilah yang menyebabkan Visa melakukan Travel Intentions Study sejak 2006 sebagai kontribusi Visa dalam membantu mengumpulkan informasi yang bermanfaat bagi industri pariwisata," kata Presiden Direktur PT Visa Worldwide Indonesia Ellyana Fuad di kantornya, Kamis (5/9/2013).

Dalam survei tersebut, wisman dengan pengeluaran tertinggi saat berkunjung ke Indonesia adalah wisman asal Australia dengan 4.118 dollar AS, disusul Malaysia 1.145 dollar AS, dan Singapura dengan 618 dollar AS. Adapun pengeluaran tersebut paling banyak digunakan di sektor ritel dengan 30 persen.

KOMPAS/LASTI KURNIA Rombongan turis mancanegara menggunakan sepeda sewaan berkeliling di kawasan Pelabuhan Sunda Kelapa, Jakarta, Rabu (30/3/2011). Wisata kota tua dengan mengunjungi situs bangunan tua dan lokasi bersejarah merupakan salah satu paket yang digemari turis mancanegara yang berkunjung ke Jakarta.
Ellyana menyatakan, di tahun 2012 sektor pariwisata Indonesia berkontribusi sebesar 5 persen terhadap PDB nasional dan memberi lapangan kerja bagi lebih dari 8 juta orang.

Dia berkomitmen memakai hasil survei ini untuk membantu pemerintah dan pelaku pariwisata dalam negeri untuk memahami berbagai dinamika dan pertumbuhan sektor pariwisata.

Survei Visa bertajuk Global Travel Intentions Study 2013 melibatkan 12.631 responden dari 25 negara. Para responden pernah melakukan perjalanan ke Indonesia sebelumnya dan berusia 18 tahun ke atas.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.