Kompas.com - 07/09/2013, 15:51 WIB
Fitri (15) melakukan gladi resik untuk membawakan tari Tor Tor Cawan, Selasa (19/10/2010). Tarian ini akan dipentaskan pada pembukaan Pesta Danau Toba 2010 tanggal 20 November di Kota Parapat, Sumut. TRIBUN MEDAN/TAUFAN WIJAYAFitri (15) melakukan gladi resik untuk membawakan tari Tor Tor Cawan, Selasa (19/10/2010). Tarian ini akan dipentaskan pada pembukaan Pesta Danau Toba 2010 tanggal 20 November di Kota Parapat, Sumut.
EditorI Made Asdhiana
SAMOSIR, KOMPAS.com - Sebanyak 500 penari menyemarakkan Pembukaan Festival Danau Toba 2013 di pangung terbuka Bukit Beta Tuktuk Siadong Kabupaten Samosir, 8-14 September.

Menurut Sekretaris Panitia Festival Danau Toba (FDT) 2013, Melani Butar-butar di Pangururan, Sabtu (7/9/2013), 500 penari tersebut akan menampilkan Tortor Cawan atau tarian bernuansa khas Tapanuli dan dirangkai dengan berbagai atraksi tarian dari berbagai suku lainnya di Sumatera Utara (Sumut).

"Jumlah penari sebanyak 500 orang merupakan pertama kali digelar dalam sejarah Tortor Toba," ujarnya.

Para penari akan mengawali atraksi dengan mempersembahkan tarian selamat datang kepada sejumlah pejabat dan undangan.

Selain Tortor Cawan, lanjutnya, para penari juga akan menampilkan Tortor Sombadi diiringi suara gondang atau gendang Hasapi dan paduan suara yang menyanyikan beberapa lagu tentang keindahan Danau Toba.

Pembukaan festival danau vulkanik yang disebut-sebut terbesar di Asia Tenggara itu direncanakan dihadiri Menko Perekonomian Hatta Rajasa serta Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Mari Elka Pangestu.

Seluruh rangkaian kegiatan FDT 2013 berpusat di Pulau Samosir, yaitu di kawasan pantai wisata Batu Hoda, Desa Cinta Dame, Kecamatan Simanindo, kawasan Tuktuksiadong (Bukit Beta) dan kawasan Open Stage Pangururan di Pasir Putih Parbaba.

Dalam pergelaran alam dan budaya itu akan ditampilkan pertunjukan olah raga tradisional, seni kuliner, perlombaan seni tari Tortor, cipta lagu, lomba perahu dayung atau solu bolon, musik gondang tradisional, drama rakyat, tenun ulos dan seni pahat Batak.Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber Antara
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.