Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Festival Danau Toba 2013 Mulai Digelar

Kompas.com - 08/09/2013, 20:04 WIB
Fitri Prawitasari

Penulis

SAMOSIR, KOMPAS.com - Tari Tortor Cawan persembahan ratusan anak Kabupaten Samosir serta tabuhan gondang oleh Menko Perekonomian Hatta Rajasa didampingi Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sapta Nirwandar menandai pembukaan Festival Danau Toba 2013.

Menurut Bupati Samosir Mangindar Simbolon, acara ini merupakan kelanjutan festival Danau Toba yang sudah dilakukan beberapa tahun yang lalu.

"Festival Danau Toba temanya 'Arga Do Bona Ni Pinasa' yang bermakna menghargai tanah leluhur," ujar Mangindar saat sambutan pembukaan Festival Danau Toba di Samosir, Minggu, (8/9/2013).

Kegiatan kerja sama pemerintah pusat, daerah serta 11 kabupaten/kota yang berada di sekitar kawasan Danau Toba mengangkat sisi seni dan budaya serta olah raga.

"Kekuatan dari sisi seni budaya seperti ada karnaval sigale-gale, serta ada World Drum Festival," ujar Mangindar.

Sedangkan sisi olahraga, Sapta menambahkan pada kesempatan yang sama yakni salah satunya dengan adanya lomba renang mengelilingi Pulau Samosir yang berada di Danau Toba. "Enam etape akan menjadi ikon," kata Sapta.

Festival Danau Toba sebelumnya bernama Pesta Danau Toba merupakan perayaan tahunan yang diselenggarakan di Danau Toba, Sumatera Utara. Pada tahun ini, perayaan dilaksanakan pada 8-14 September 2013.

Adapun perayaan berpusat di Pulau Samosir, mengangkat budaya lokal berupa rangkaian kegiatan seperti acara sulang-sulang hariapan, karnaval boneka sigale-gale, festival drum melodi, dan eksebisi berenang mengelilingi Pulau Samosir.

Selanjutnya, juga diselenggarakan lomba perahu dayung tradisional Solu Bolon, paralayang air dan dan darat, permainan tradisional, lomba menyanyi, pameran wisata dan ekonomi kreatif dari 11 kabupaten, serta ditutup acara puncak konser musik "Glittering Lake Toba".

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com