Kompas.com - 08/09/2013, 20:04 WIB
|
EditorI Made Asdhiana
SAMOSIR, KOMPAS.com - Tari Tortor Cawan persembahan ratusan anak Kabupaten Samosir serta tabuhan gondang oleh Menko Perekonomian Hatta Rajasa didampingi Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sapta Nirwandar menandai pembukaan Festival Danau Toba 2013.

Menurut Bupati Samosir Mangindar Simbolon, acara ini merupakan kelanjutan festival Danau Toba yang sudah dilakukan beberapa tahun yang lalu.

"Festival Danau Toba temanya 'Arga Do Bona Ni Pinasa' yang bermakna menghargai tanah leluhur," ujar Mangindar saat sambutan pembukaan Festival Danau Toba di Samosir, Minggu, (8/9/2013).

Kegiatan kerja sama pemerintah pusat, daerah serta 11 kabupaten/kota yang berada di sekitar kawasan Danau Toba mengangkat sisi seni dan budaya serta olah raga.

"Kekuatan dari sisi seni budaya seperti ada karnaval sigale-gale, serta ada World Drum Festival," ujar Mangindar.

Sedangkan sisi olahraga, Sapta menambahkan pada kesempatan yang sama yakni salah satunya dengan adanya lomba renang mengelilingi Pulau Samosir yang berada di Danau Toba. "Enam etape akan menjadi ikon," kata Sapta.

Festival Danau Toba sebelumnya bernama Pesta Danau Toba merupakan perayaan tahunan yang diselenggarakan di Danau Toba, Sumatera Utara. Pada tahun ini, perayaan dilaksanakan pada 8-14 September 2013.

Adapun perayaan berpusat di Pulau Samosir, mengangkat budaya lokal berupa rangkaian kegiatan seperti acara sulang-sulang hariapan, karnaval boneka sigale-gale, festival drum melodi, dan eksebisi berenang mengelilingi Pulau Samosir.

Selanjutnya, juga diselenggarakan lomba perahu dayung tradisional Solu Bolon, paralayang air dan dan darat, permainan tradisional, lomba menyanyi, pameran wisata dan ekonomi kreatif dari 11 kabupaten, serta ditutup acara puncak konser musik "Glittering Lake Toba".

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.