Bono Pelalawan Masuk 27 Obyek Wisata Terbaik

Kompas.com - 10/09/2013, 10:44 WIB
Steve King, seorang peselancar sungai (tidal bore surfer) dari Inggris mencoba menorehkan sejarah baru dalam catatan surfing di atas gelombang sungai dengan waktu terlama dan jarak terpanjang di Teluk Meranti, Pelalawan, Riau.  DOK INDONESIA.TRAVELSteve King, seorang peselancar sungai (tidal bore surfer) dari Inggris mencoba menorehkan sejarah baru dalam catatan surfing di atas gelombang sungai dengan waktu terlama dan jarak terpanjang di Teluk Meranti, Pelalawan, Riau.
EditorI Made Asdhiana
PEKANBARU, KOMPAS.com - Ombak Bono di Sungai Kampar, Kabupaten Pelalawan, Riau, masuk dalam daftar 27 obyek wisata terbaik nasional dan berkesempatan untuk meraih penghargaan Citra Award 2013.

"Secara nasional, di Indonesia terdapat lebih dari 148 tujuan wisata menarik. Namun Ombak Bono memiliki ciri khas tersendiri," kata Kepala Dinas Kebudayaan Pemuda dan Olahraga (Disbudparpora) Pelalawan, Zulkifli ketika dihubungi dari Pekanbaru, Senin (9/9/2013) sore.

Ombak Bono secara ilmiah merupakan fenomena alam yang terjadi karena pertemuan arus Sungai Kampar dengan arus Laut China Selatan.

Sungai biasanya hanya memiliki aliran, yaitu dari hulu menuju hilir, namun terkadang ada juga bagian sungai yang membuatnya terlihat seperti memiliki gelombang indah seperti yang terjadi di Sungai Kampar.

Meski terjadi sepanjang tahun, namun Ombak Bono memiliki waktu-waktu terbaik, khususnya pada saat bulan purnama. "Hal itu yang membuat Ombak Bono menjadi salah satu obyek wisata andalan nasional," kata Zulkifli.

Untuk itu pula, menurut Zulkifli, Ombak Bono Pelalawan yang berulang kali didatangi oleh turis mancanegara ini berkesempatan mendapatkan penghargaan Citra Award 2013 yang digelar oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) RI.

Dia mengatakan bahwa pihak Disbudparpora Pelalawan baru-baru ini telah membawa perwakilan Kemenparekraf RI dan praktisi pariwisata untuk melakukan penilaian di kawasan Ombak Bono di Kecamatan Teluk Meranti itu.

Setelah tim menilai dari pusat ini maka kemudian akan ditentukan juaranya. Zulkifli mengaku optimistis pesona Ombak Bono akan mampu memenangkan ajang tersebut. "Tapi kami tidak mau berharap lebih. Masuk dalam nominasi saja kami sudah bersyukur karena kini tim penilai sedang bekerja," katanya.



Sumber Antara
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X