Kompas.com - 10/09/2013, 11:30 WIB
EditorI Made Asdhiana
TANJUNGPINANG, KOMPAS.com - Bupati Bintan Ansar Ahmad menegaskan transaksi di Kawasan Wisata Terpadu Lagoi, Provinsi Kepulauan Riau, wajib menggunakan mata uang rupiah dengan bertahap meninggalkan kebiasaan memakai dollar Singapura.

"Akhir Desember 2013 sudah wajib bertransaksi dengan rupiah, Lagoi adalah NKRI," kata Ansar di Kijang, Bintan, Senin (9/9/2013).

Ansar pada awal Juli 2013 menegaskan pelaku pariwisata dalam bertransaksi di Lagoi wajib menggunakan rupiah. Namun masih terkendala sejumlah permasalahan, terutama dari pelaku bisnis pariwisata itu sendiri.

"Menurut UU No 7 tahun 2011 tentang Mata Uang, seharusnya sudah berlaku, namun kami masih berikan dispensasi kepada para pelaku pariwisata untuk penundaan karena berbagai pertimbangan," kata Ansar.

Ansar juga mengatakan sudah berkoordinasi dengan pihak kepolisian, agar amanat UU No 7 tahun 2011 tentang Mata Uang itu bisa dijalankan dengan baik oleh pelaku pariwisata. "Sosialisasi sudah beberapa kali dilakukan bersama pihak Bank Indonesia, kepolisian dan pihak terkait lainnya," kata Ansar.

Dia mencontohkan ketika bertransaksi menggunakan rupiah di Malaysia, Singapura dan negara lainnya, warga Indonesia diwajibkan menukarkan rupiah ke dalam mata uang negara yang bersangkutan. "Itu juga harus dilakukan di Lagoi," ujar Ansar.

Namun, Ansar mengakui kalau bertransaksi menggunakan dollar Singapura atau dollar AS di Lagoi lebih mudah jika dibandingkan dengan rupiah yang nilainya selalu berubah-ubah. "Lebih mudah dalam bertransaksi iya, namun Lagoi adalah NKRI, bukan milik Singapura," katanya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber Antara
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.